Selasa 19 Dec 2023 15:03 WIB

Siap Hadapi Debat, Mahfud: Sudah Biasa 'Dibombardir' di DPR

Cawapres Mahfud MD mengaku siap menghadapi debat karena sudah biasa diserang di DPR.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Cawapres Mahfud MD mengaku siap menghadapi debat karena sudah biasa diserang di DPR.
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Cawapres Mahfud MD mengaku siap menghadapi debat karena sudah biasa diserang di DPR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN), Hasto Kristiyanto, mengatakan bahwa Mahfud MD memiliki pengalaman yang lengkap di eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Pengalaman tersebut menjadi modal penting bagi calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 itu untuk menghadapi debat sesi kedua.

"Kalau persiapan debat Prof Mahfud, kan, sosok dosen, tetapi sosok yang punya pengalaman di lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Sudah biasa dibombardir oleh DPR, beliau tetap tenang," ujar Hasto lewat keterangannya, Selasa (19/12/2023).

Baca Juga

Kekayaan pengalaman tersebut yang bakal membuat Mahfud unggul dibandingkan kompetitor lainnya. Sekalipun tema debat pada 22 Desember mendatang adalah tentang perekonomian.

"Termasuk ekonomi digital sekalipun, green economy, kemudian kebijakan-kebijakan berdasarkan bagaimana mendayagunakan APBN untuk kepentingan rakyat, Prof Mahfud itu sudah pakarnya," ujar Hasto.

Selain itu, ia menyebut bahwa TPN telah mendapatkan banyak masukan terkait persiapan debat untuk Mahfud. Termasuk mendapatkan masukan dari para menteri untuk menampilkan gagasan yang sesuai dengan kebutuhan rakyat.

"Sehingga nanti akan menampilkan suatu gagasan yang menarik, yang genuine sesuai dengan karakter Prof Mahfud yang tidak dibuat-buat," ujar Hasto.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari, mengatakan debat calon wakil presiden (cawapres) atau debat kedua Pilpres 2024 akan diselenggarakan pada Jumat (22/12/2023) di Gedung Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Hasyim menyebut format debat cawapres ini kurang lebih masih mirip dengan debat capres yang diselenggarakan pekan lalu di Kantor KPU.

“Kurang lebih persis sama dengan debat capres pertama kemarin. Setelah disetujui bersama tim pasangan calon nomor satu, dua, dan tiga,” kata Hasyim di Kantor KPU, Senin (18/12/2023).

Tema yang akan dibicarakan dalam debat cawapres nanti lanjut Hasyim adalah ekonomi, baik itu ekonomi kerakyatan maupun ekonomi digital. Kemudian, keuangan, pajak, dan tata kelola APBN APBD. Lalu yang ketiga soal investasi. Keempat perdagangan. Kelima adalah infrastruktur, dan yang keenam adalah perkotaan.

“Debat akan dimulai on air jam 19.00 WIB. Tempat penyelenggaraan direncanakan di JCC, di Jakarta. Dan sebagaimana yang sudah kita ikuti bersama pada debat yang pertama, debat capres, nanti debatnya persis seperti itu,” ujar Hasyim.

Apakah Anda orang yang pandai berbicara

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
كَالَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ كَانُوْٓا اَشَدَّ مِنْكُمْ قُوَّةً وَّاَكْثَرَ اَمْوَالًا وَّاَوْلَادًاۗ فَاسْتَمْتَعُوْا بِخَلَاقِهِمْ فَاسْتَمْتَعْتُمْ بِخَلَاقِكُمْ كَمَا اسْتَمْتَعَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ بِخَلَاقِهِمْ وَخُضْتُمْ كَالَّذِيْ خَاضُوْاۗ اُولٰۤىِٕكَ حَبِطَتْ اَعْمَالُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ ۚوَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْخٰسِرُوْنَ
(keadaan kamu kaum munafik dan musyrikin) seperti orang-orang sebelum kamu, mereka lebih kuat daripada kamu, dan lebih banyak harta dan anak-anaknya. Maka mereka telah menikmati bagiannya, dan kamu telah menikmati bagianmu sebagaimana orang-orang yang sebelummu menikmati bagiannya, dan kamu mempercakapkan (hal-hal yang batil) sebagaimana mereka mempercakapkannya. Mereka itu sia-sia amalnya di dunia dan di akhirat. Mereka itulah orang-orang yang rugi.

(QS. At-Taubah ayat 69)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement