Rabu 20 Dec 2023 08:47 WIB

Kiprah Memukau Pemain Termuda BRI Liga 1 di Piala Dunia U-17 2023

Arkhan Kaka mencetak dua gol pada dua pertandingan Skuad Garuda Muda.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Timnas Indonesia Arkhan Kaka saat bertanding melawan Timnas Panama pada babak penyisihan Piala Dunia U17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/11/2023). Timnas Indonesia bermain imbang melawan Timnas Panama dengan Skor 1-1.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pemain Timnas Indonesia Arkhan Kaka saat bertanding melawan Timnas Panama pada babak penyisihan Piala Dunia U17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/11/2023). Timnas Indonesia bermain imbang melawan Timnas Panama dengan Skor 1-1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, BRI Liga 1 telah melahirkan pemain-pemain berkualitas yang mentas bersama negaranya di ajang internasional. Timnas Indonesia tentu saja menerima sumbangan terbanyak pemain yang mentas di liga Indonesia. 

Beberapa waktu lalu, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Hal itu otomatis memberikan kesempatan bagi Garuda Muda untuk tampil di kejuaraan bertaraf dunia tersebut. Pemain muda yang berkompetisi di BRI Liga 1 pun ikut berkontribusi membela timnas di ajang tersebut. 

Baca Juga

Sebanyak 12 pemain yang bermain di klub-klub BRI Liga 1 masuk dalam pilihan pelatih Bima Sakti. Salah satu pemain yang menonjol adalah Arkhan Kaka. Ia merupakan penyerang muda dari Persis Solo yang mendapat debut membela Laskar Sambernyawa di BRI Liga 1 pada April 2023 saat melawan Persib Bandung. 

Saat ini Penyerang asal Blitar, Jawa Timur itu menjadi pemain tersubur di Timnas Indonesia selama dua pertandingan Piala Dunia U17. Arkhan Kaka mencetak dua gol pada dua pertandingan Skuad Garuda Muda, yakni saat melawan Ekuador U17 dan Panama U17. Dalam dua pertandingan tersebut, Indonesia bermain imbang 1-1.

Kejutan lain ditunjukkan saat melawan Panama di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, 13 November 2023. Ia menjadi bintang Garuda Muda setelah mencetak gol penyelamat Timnas Indonesia pada menit ke-54 usai meneruskan umpan Welber Jardim.

Timnas Indonesia U-17 berhadapan dengan Maroko untuk menentukan langkah selanjutnya di Piala Dunia U-17. Sayang, Timnas U-17 menelan kekalahan atas Maroko dan gagal melanjutkan langkah ke 16 besar. Kaka mengatakan tugasnya memang mencetak gol, tapi yang utama adalah kemenangan tim.

"Yang terpenting adalah kita kerja keras lagi dan saya mengerjakan tugas saya sebagai pemain untuk tim," kata Arkhan Kaka dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Selasa (19/12/2023).

Kendati demikian, perjuangan Arkhan Kaka dkk di Piala Dunia U-17 2023 patut diapresiasi karena permainan dan perjuangan mereka di event internasional tersebut. Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan pihaknya memberi dukungan yang sejalan dengan tujuan diselenggarakannya Piala Dunia U-17, yakni menjadi wadah pesepak bola muda Indonesia berprestasi. 

Menurutnya, dukungan dari BRI merupakan bagian dari pembentukan generasi emas sepak bola Indonesia di masa depan. Hal itu sesuai dengan kampanye #BolaPemersatuBangsa #BRIPalingBola. Pihakmha memahami bahwa Indonesia merupakan negara dengan penggemar sepak bola terbanyak di dunia. 

"Oleh karena itu, BRI akan selalu mendukung kemajuan sepak bola Indonesia serta membantu mewujudkan cita-cita talenta muda sepak bola Indonesia untuk dapat berlaga dan mencatatkan prestasi di kancah global," tutur Sunaro dalam keterangannya, Selasa (19/12/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement