Rabu 20 Dec 2023 23:38 WIB

PHRI: Reservasi Hotel Jelang Libur Tahun Baru Naik 50 Persen

Sebab libur akhir tahun ini bersamaan dengan momentum libur sekolah.

Red: Fuji Pratiwi
Ilustrasi kamar hotel
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi kamar hotel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencatat terjadinya peningkatan angka reservasi hotel hingga 50 persen di beberapa wilayah utamanya Jawa dan Bali sejak akhir pekan terakhir menjelang libur pergantian tahun.

Sekretaris Jenderal PHRI Maulana Yusran disiarkan ANTARA pada Rabu (20/12/2023) malam mengungkapkan, salah satu faktor meningkatnya angka pemesanan hotel adalah libur akhir tahun ini yang juga bersamaan dengan momentum libur sekolah.

Baca Juga

"Kalau kita bicara akhir tahun ini, sudah mulai terlihat adanya peningkatan reservasi karena sudah mendekati momentum," kata Mualana.

Mungkin mulai tanggal 22 nanti akan terjadi peningkatan kembali. Tetapi di lain sisi, PHRI tahu momentum libur akhir tahun berbarengan dengan libur sekolah yang cukup lama, sejak tanggal 15 lalu kalau tidak salah, hingga awal Januari nanti. 

Dia kemudian menjelaskan, di beberapa daerah, tingkat reservasi hotel telah mencapai 50 persen khususnya di destinasi yang menjadi favorit masyarakat untuk berlibur seperti Pulau Bali, DI Yogyakarta, Malang, dan beberapa wilayah di Jawa Barat dan Sumatera.

“Sudah mulai terlihat lonjakan angka di beberapa provinsi tersebut melalui reservasi yang dilakukan masyarakat. Termasuk pula di daerah lain tentunya,” imbuh Maulana.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa menjelang musim liburan nanti, masyarakat akan memilih jenis destinasi wisata yang saat ini telah mengalami dinamika sedemikian rupa dengan menawarkan ragam pola aktivitas menyenangkan.

“Sekarang ini banyak sekali modelnya. Kalau diperhatikan, dinamika industri pariwisata banyak perubahan sekarang ini. Ada yang suka staycation, ada juga mungkin istilah baru namanya slowcation, ada pula yang benar-benar berlibur pada umumnya dengan pergi ke destinasi pariwisata dan menikmati berbagai aktivitas,” kata Maulana.

Dia melanjutkan bahwa menjelang akhir tahun, beberapa hotel juga biasanya tetap menghadirkan berbagai aktivitas untuk menarik para pengunjung yang memang berketetapan untuk menghabiskan malam dengan menginap di hotel.

“Ada yang memang sengaja menginap di hotel untuk menikmati pergantian tahun. Biasanya hotel menyajikan hiburan seperti pergelaran musik atau malam mewah, dan sebagainya,” kata Maulana menutup penjelasan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement