Sabtu 23 Dec 2023 08:45 WIB

KAI Layani 183 Ribu Penumpang Kereta Api pada Puncak Libur Natal 2023

Pemesanan tiket diprediksi akan kembali meningkat pascalibur Natal pada keberangkatan 26 Desember 2023.

Rep: Nurul Hamami/ Red: Partner
.
Foto: network /Nurul Hamami
.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat<a href= puncak libur Natal 2023 menggunakan kereta api terjadi pada Jumat 22 Desember 2023." />
PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat puncak libur Natal 2023 menggunakan kereta api terjadi pada Jumat 22 Desember 2023.

JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat puncak libur Natal 2023 menggunakan kereta api terjadi pada Jumat 22 Desember 2023. Pada tanggal tersebut terdapat 183.120 penumpang yang berangkat menggunakan KA Jarak Jauh dan Lokal yang dikelola KAI.

Rinciannya, 49.223 penumpang kelas eksekutif, 8.282 penumpang kelas bisnis, dan 125.615 penumpang kelas ekonomi.

Jumlah penumpang tersebut okupansinya mencapai 109 persen (angka 9 persen merupakan penumpang dinamis yang turun naik antara stasiun awal dengan stasiun tujuan akhir), di mana KAI pada tanggal 22 Desember 2023 KAI menyediakan sebanyak total 168.756 tempat duduk. Untuk melayani penumpang pada puncak libur Natal ini, KAI mengoperasikan 374 KA.

Adapun relasi favorit pelanggan KA Jarak Jauh pada periode tersebut yaitu Jakarta - Yogyakarta, Jakarta - Bandung, Jakarta - Surabaya, Jakarta - Purwokerto, Bandung - Jakarta, Bandung - Surabaya, Surabaya - Yogyakarta.

Volume penumpang KA pada 22 Desember ini meningkat 3 persen dibandingkan keberangkatan tanggal 21 Desember di mana KAI melayani 177.720 penumpang.

Pemesanan tiket diprediksi akan kembali meningkat pascalibur Natal pada keberangkatan 26 Desember 2023. Sampai dengan saat ini, sebanyak 133.339 tiket terjual atau 79 persen dari tiket yang disediakan pada tanggal 26 Desember 2023, dan masih akan terus bertambah

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pelanggan karena telah mempercayakan perjalanan di masa libur Natal ini kepada KAI. Ia menilai seluruh pelanggan juga tertib dan menikmati layanan KAI selama perjalanan.

Joni melanjutkan, tipikal pelanggan sekarang ini adalah membeli tiket dengan tempo mendekati tanggal keberangkatan seperti pada H-2, H-1, bahkan melakukan pembelian langsung (go show) di hari keberangkatan. Ia mengimbau masyarakat untuk segera memesan tiket kereta api di aplikasi Access by KAI, website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Seiring dengan naiknya kasus Covid-19 di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengimbau kepada seluruh pelanggan agar memakai masker dan menjaga kebersihan dengan cara rutin mencuci tangan.

sumber : https://kereta.republika.co.id/posts/256267/kai-layani-183-ribu-penumpang-kereta-api-pada-puncak-libur-natal-2023
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement