Ahad 24 Dec 2023 16:20 WIB

Israel Sangat Kejam Memperlakukan Tahanan Warga Palestina

Warga Palestina ini jadi kurus seusai ditahan di penjara Israel.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Salah seorang tahanan perempuan Palestina yang baru dibebaskan dari penjara Israel,  Israa Jaabis, memeluk kleuarganya.
Foto: Dok Middle East Eye
Salah seorang tahanan perempuan Palestina yang baru dibebaskan dari penjara Israel, Israa Jaabis, memeluk kleuarganya.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Foto seorang pemuda Palestina kurus yang tidak mampu berdiri setelah keluar dari tahanan Israel, memicu perdebatan mengenai perlakuan Israel terhadap tahanan Palestina. Pemuda berusia 30 tahun itu bernama Farouq al-Khatib, yang dibebaskan otoritas Israel setelah ditangkap Agustus lalu atas tuduhan palsu.

Keluarganya menyebutkan, kesehatan Khatib telah memburuk secara serius ketika dia ditahan di tahanan administratif Israel selama empat bulan. Berat badannya turun sekitar 25 kg dan sekarang beratnya hanya 35 kg, sebagaimana dilansir Middle East Eye, Jumat (23/12/2023).

Baca Juga

Gambar Farouq, sebelum dan sesudah penahanannya, menjadi viral di media sosial. Menurut saudara laki-lakinya, Hossam al-Khatib, Farouq didiagnosis menderita kanker perut stadium lima sesaat sebelum dibebaskan dari penjara dan sekarang menerima perawatan akhir hayat di sebuah rumah sakit di Ramallah, di Tepi Barat yang diduduki.

Tidak jelas mengapa Farouq ditangkap kembali pada tanggal 23 Agustus, tetapi keluarganya mengatakan dia menyelesaikan hukuman penjara empat tahun antara tahun 2019 dan Juni 2023.