Jumat 05 Jan 2024 11:38 WIB

Survei LSI di Jatim: Prabowo-Gibran 46,7 Persen Unggul Jauh Atas Dua Kompetitor

Elektabilitas Ganjar-Mahfud di Jatim 26,6 persen dan Anies-Muhaimin 16,2 persen.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan.
Foto: Antara/Fath Putra Mulya
Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Survei Indonesia merilis hasil survei terbaru dan mendapati, pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dari dua pasangan calon lainnya di Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menjelaskan, dalam simulasi surat suara tiga pasangan capres-cawapres, elektabilitas Prabowo-Gibran berada di angka 46,7 persen. Disusul pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 26,6 persen dan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar 16,2 persen.

Adapun 10,4 persen lainnya tidak tahu atau tidak jawab. "Prabowo Subianto dan Gibran itu berada di urutan pertama untuk perolehan suara kalau pemilu presiden diadakan pada saat survei dilakukan, yaitu di angka 46,7 persen," kata Djayadi dalam pemaparan survei yang dipantau secara daring dari Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Sementara itu, dalam simulasi tertutup tiga nama capres, Prabowo tetap mengungguli Ganjar dan Anies. Elektabilitas menteri pertahanan itu berada di angka 46,3 persen. Sedangkan Ganjar dan Anies masing-masing mendapatkan 25,9 persen dan 16 persen. Sementara 11,8 persen lainnya tidak tahu atau tidak jawab.

Berikutnya, LSI menemukan, nama Prabowo berada di puncak pikiran (top of mind) responden di Jatim dengan angka mencapai 39 persen. Menyusul Ganjar di posisi kedua 22,2 persen dan Anies di urutan terakhir 14 persen.

"Cukup banyak yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab, yaitu 19,9 persen. Jadi, kalau kita lihat dari top of mind ini, dukungan solid terhadap Prabowo di Jawa Timur ada di angka 39 persen," ucap Djayadi.

Kendati demikian, kemungkinan responden untuk mengubah pilihannya masih besar. Karena itu, Djayadi menyebut Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 berpotensi berlangsung dua putaran di Jatim.

"Dan kalau terjadi dua putaran, diperkirakan yang masuk ke putaran kedua untuk sementara ini adalah Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud di Jawa Timur," tuturnya.

Data survei...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement