Jumat 05 Jan 2024 16:52 WIB

Streaming Mendominasi Layanan Data XL Axiata pada Periode Nataru

Trafik layanan streaming XL Axiata mengalami peningkatan 10 persen.

Red: Fuji Pratiwi
Teknisi XL Axiata menaiki tower saat akan melakukan pemeriksaan perangkat BTS 4G di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Rabu (24/8/2022).
Foto: ANTARA/Abriawan Abhe
Teknisi XL Axiata menaiki tower saat akan melakukan pemeriksaan perangkat BTS 4G di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Rabu (24/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dari keseluruhan trafik layanan data selama periode Natal dan tahun baru, PT XL Axiata Tbk mencatat, trafik dari layanan atau aktivitas streaming, disusul File access, dan Game.

"Untuk trafik layanan streaming mengalami peningkatan 10 persen dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik game meningkat sebesar 68 persen," kata Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa melalui keterangan tulis di Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Baca Juga

Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 10 persen–15 persen dari hari normal, Instagram 23 persen. Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat 8 persen, Tiktok 4 persen. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 30 persen.

Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Spotify dan Joox masih sama dengan hari normal. Untuk gim, trafik tertinggi ada pada Roblox sebesar 106 persen dari hari normal. Lalu Mobile Legends naik 73 persen. Pada layanan streaming film, trafik Netflix naik 35 persen dibandingkan hari normal, WeTV 39 persen, Amazon Prime Video 29 persen, dan Disney+ 13 persen.

"Seperti biasanya selama masa libur panjang, trafik ke layanan peta juga meningkat," kata Gede menambahkan.

Waze GPS meningkat sebesar 40 persen, dan Google Maps meningkat sebesar 23 persen, dan sementara trafik Apple Map sama dengan hari normal.

Layanan XL Home juga mengalami kenaikan trafik sebesar 12 persen hingga 15 persen dibandingkan hari normal. Hal ini karena masyarakat juga banyak yang menikmati liburan Natal dan tahun baru di rumah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement