Jumat 05 Jan 2024 23:51 WIB

Ini Maskapai Paling Tepat Waktu Selama Libur Nataru

Selama periode tersebut ada 26.942 penerbangan yang melibatkan 13 maskapai.

Calon penumpang pesawat udara berjalan masuk ke Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Ahad (2/1/2022). Pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai memperkirakan puncak arus balik libur Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 terjadi pada Minggu (2/1) dengan perkiraan sekitar 15 ribu orang penumpang yang meninggalkan Bali menuju berbagai kota di Indonesia.
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Calon penumpang pesawat udara berjalan masuk ke Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Ahad (2/1/2022). Pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai memperkirakan puncak arus balik libur Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 terjadi pada Minggu (2/1) dengan perkiraan sekitar 15 ribu orang penumpang yang meninggalkan Bali menuju berbagai kota di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pelita Air Service termasuk salah satu maskapai dengan penerbangan paling tepat waktu dalam melayani penumpang pada libur Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024. Pencapaian ini menjadi sebuah prestasi besar, sebab anak perusahaan Pertamina ini baru 20 bulan melayani penerbangan niaga berjadwal.

Data dari Direktorat Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Rabu (3/1/2024) di Jakarta, menyebutkan, penilaian atas ketepatan waktu terbang (on time performance/OTP) maskapai tersebut dilakukan selama periode 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. OTP menjadi salah satu indikator penilaian kinerja penerbangan dari maskapai.

Baca Juga

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan M Kristi Endah Murni mengatakan selama periode tersebut ada 26.942 penerbangan yang melibatkan 13 maskapai. Hasilnya, kinerja OTP ke-13 maskapai mencapai rata-rata 81,5 persen. Dan kinerja OTP tertinggi dilakukan tiga maskapai yakni Pelita Air Service, Citilink Indonesia dan Trigana Air. Khusus Pelita Air Service mencapai 88,5 persen.

“Pencapaian OTP ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, baik penyelenggara bandara, badan usaha angkutan udara (perusahaan maskapai),  penyelenggara navigasi, kementerian maupun lembaga terkait. Termasuk masyarakat pengguna jasa angkutan udara. Semua pihak memberikan kontribusi positif,” ujar Kristi.

Selama libur Nataru ini, Pelita Air Service mengoperasikan 10 unit pesawat jenis Airbus 320-200 berkapasitas 180 kursi, semuanya ekonomi. Rute yang terlayani yakni dari Jakarta menuju ke 10 kota, yakni Yogyakarta, Bali, Surabaya, Palembang, Padang, Pekanbaru, Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin dan Sorong.  

Ada rute dimana frekuensi penerbangan hanya sekali dalam sehari. Tetapi, pada rute tertentu, seperti Jakarta-Padang-Jakarta jumlah penerbangan mencapai tiga kali sehari.

Sejumlah masyarakat memberikan apresiasi yang tinggi atas kinerja ketepatan waktu terbang Pelita Air Service. Sebagai pemain baru dalam penerbangan niaga berjadwal, kinerja ini menjadi modal yang bagus dalam menumbuhkan kepercayaan masyarakat.

“Makanya, kami berharap dengan prestasi yang telah diraih Pelita Air pada libur Nataru ini perlu terus dijaga sekaligus memperbaiki hal-hal yang masih kurang. Disiplin waktu itu penting dan mendasar,” kata Yosef Naiobe, warga Jakarta.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement