Kamis 18 Jan 2024 17:04 WIB

Jelang Debat Cawapres, Zulhas: Gibran Sudah Oke

Gibran akan mengikuti debat cawapres di Jakarta Convention Center, Ahad malam WIB.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/1/2024).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut, tak ada persiapan khusus yang dilakukan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menjelang debat cawapres keempat di Jakarta Convention Center, Senayan pada Ahad (21/1/2024) malam WIB.

Adapun debat keempat akan membahas isu seputar pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, serta desa. "Persiapan khusus gak ada," kata Zulhas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (18/1/2024).

Menurut Zulhas, Gibran sudah siap untuk tampil dalam debat cawapres mendatang. "Oh Gibran udah oke. Mas Gibran biasa aja," ujar menteri perdagangan (mendag) tersebut usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Debat keempat atau kedua untuk cawapres akan ditayangkan secara langsung lewat stasiun televisi SCTV, Indosiar, dan Metro TV. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah memutuskan 11 panelis yang akan mempersiapkan pertanyaan untuk gelaran debat Pilpres 2024 keempat. Juga sudah diputuskan dua moderator, yang keduanya adalah perempuan, untuk memoderatori debat antarcawapres itu.

Berikut daftar 11 nama panelis debat keempat:

1. Prof Dr Ir Abrar Saleng, S.H, M.H (Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam, Universitas Hasanuddin)

2. Dr Arie Sujito, SP M.Si, (Sosiolog Pedesaan/Dosen Fisipol UGM)

3. Prof Dr Arif Satria, SP. MSi (Ahli Ekologi Politik dan Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam, Rektor Institut Pertanian Bogor)

4. Dewi Kartika (Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria)

5. Fabby Tumiwa (Ahli Transisi Energi/Direktur Eksekutif Institute Presedential Services Reform)

6. Prof Dr Ir Haryadi Kartodihardjo, MS (Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor)

7. Prof Dr Ir Ridwan Yahya, M.Sc, (Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu)

8. Rukka Sombolinggi, SP, M.A (Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara/Ahli Masyarakat Adat)

9. Prof Sudharto, P Hadi, Ph.D, (Pakar Manajemen Lingkungan/Rektor Universitas Diponegoro 2010-2015)

10. Prof Dr Sulistiyowati Irianto, M.A, (Guru Besar Antropologi Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia)

11. Ir Tubagus Furqon Sofhani, M.A, Ph.D (Ahli Perencanaan Wilayah dan Perdesaan Institute Teknologi Bandung)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement