Rabu 31 Jan 2024 00:17 WIB

Film Horor yang Kengeriannya Dirusak oleh Kehadiran Monster

Film horor dengan ketakutan dramatis justru dirusak oleh kehadiran monster 'konyol'.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film The Blair Witch Project. Ada beberapa film horor yang kengeriannya justru dirusak oleh kehadiran monster, salah satunya The Blair Witch.
Foto: Artisan Entertainment
Salah satu adegan dalam film The Blair Witch Project. Ada beberapa film horor yang kengeriannya justru dirusak oleh kehadiran monster, salah satunya The Blair Witch.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film horor menjadi karya terbaik ketika mampu menakuti penonton terhadap hal yang tidak diketahui. Tapi terkadang, mereka membuka tirainya sendiri untuk mengungkap monster konyol, yang secara dramatis menghancurkan semua ketakutan yang dibangun.

Monster-monster film horor terbaik memiliki desain mengerikan dan tidak wajar yang hanya dapat dilihat sekilas oleh penonton, dan memperkuat faktor ketakutan penonton. Sayangnya, ini bisa menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, dan banyak desain monster yang justru tidak menakutkan.

Baca Juga

Sering kali, apa yang dibayangkan oleh para penggemar film horor ternyata jauh lebih menakutkan daripada apa yang mereka dapatkan dari film itu sendiri. Dengan anggaran yang terbatas menyebabkan produser horor belum bisa memenuhi janji film mereka.

Di lain sisi, suasana dan ketegangan yang diciptakan pembuat film dirusak oleh kehadiran monster. Tidak ada desain makhluk yang cukup baik untuk membenarkan pengungkapan tirai pada entitas tunggal yang berada di balik ketakutan vs pikiran para protagonis yang hancur: