Jumat 02 Feb 2024 10:23 WIB

Mau Tingkatkan Produktivitas Kerja? Aroma Ini Dipercaya Bisa Membantu

Aroma tertentu dapat membuat Anda bekerja dan berpikir lebih baik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Aroma terapi (ilustrasi). Aroma wewangian tertentu Aroma tertentu dapat membuat Anda bekerja dan berpikir lebih baik.
Foto: www.freepik.com
Aroma terapi (ilustrasi). Aroma wewangian tertentu Aroma tertentu dapat membuat Anda bekerja dan berpikir lebih baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wewangian dipercaya mampu memperbaiki mood seseorang. Aroma tertentu dapat membuat Anda bekerja dan berpikir lebih baik. 

Dilansir Huffpost, Kamis (1/2/2024), pakar wewangian berbagi alasannya dan menawarkan tips bagaimana Anda dapat menemukan wewangian yang paling cocok untuk Anda. 

Baca Juga

1. Aroma dapat membangkitkan otak

Mark Moss, kepala departemen psikologi di Universitas Northumbria yang telah meneliti efek aroma terhadap suasana hati dan kognisi mengatakan bau-bau yang menyenangkan diasosiasikan dengan kinerja yang lebih baik, mungkin karena suasana hati yang lebih baik. Sementara itu, bau yang tidak menyenangkan mengganggu kinerja, kemungkinan besar karena suasana hati yang negatif. 

Alasan penting lainnya mengapa aroma dapat membantu kita bekerja lebih baik adalah karena cara aroma-aroma berinteraksi dengan otak. Menurut Moss, bola penciuman yang berada di belakang hidung dan memproses apa yang Anda cium “memiliki proyeksi-proyeksi ke lebih banyak area otak dibandingkan organ indera lainnya,” kata Moss.

“Aroma-aroma terdiri dari senyawa-senyawa kecil yang mudah menguap, dan kita menghirupnya, ia masuk ke paru-paru. Di sini, mereka masuk ke aliran darah dan dikirim langsung ke otak,” ujar Moss.

Dia mengatakan, karena molekul-molekul ini kecil, mereka dapat melewati penghalang darah-otak dan bertindak langsung pada sistem-sistem neurokimia otak  Dengan kata lain, saat Anda menghirup suatu bau, bau tersebut akan dengan cepat dikirim ke otak Anda. 

2. Aroma herbal khususnya dapat membantu berkonsentrasi

Moss merekomendasikan peppermint jika Anda perlu fokus. Selain itu, rosemary dan sage memiliki senyawa yang telah ditunjukkan dalam penelitian untuk meningkatkan kemampuan kita mengingat sesuatu. 

“Mungkin tidak mengherankan jika aroma obat penenang seperti lavender dan kamomil tidak disarankan,” ujar Moss. 

Loreto Remsing, pembuat parfum yang berbasis di Novato, California, mengatakan bahwa dia secara pribadi tertarik pada aroma-aroma yang menguatkan, segar, dan luar ruangan ketika dia ingin menjadi produktif saat bekerja. Dia mencontohkan aroma peppermint, eucalyptus, citrus, conifer, dan herbal seperti ketumbar dan rosemary

Aroma lain yang dia rekomendasikan kepada orang lain yang ingin fokus adalah basil. Jika Anda ingin mencobanya sendiri, Remsing menyarankan semprotan revitalisasi dengan kombinasi minyak esensial basil, bergamot, dan jeruk bali merah muda yang diencerkan dalam air suling. 

“Anda bisa menggunakan 10-20 tetes minyak esensial dalam empat ons air suling. Semprotkan wajah atau lingkungan Anda untuk menyemangati diri Anda,” kata Remsing. 

3. Mengekspos diri pada aroma baru juga dapat membantu mengingat ingatan  

Michael Leon, ahli neurobiologi di University of California, Irvine,  mengatakan jika Anda ingin meningkatkan daya ingat dan fokus, paparkan diri Anda pada berbagai aroma secara teratur. “Orang-orang mungkin menyukai bau-bau tertentu di tempat kerja atau di rumah, namun mereka perlu memaparkan diri mereka pada berbagai bau dari waktu ke waktu untuk mendapatkan keuntungan kognitif,” kata Leon.

Jika Anda ingin menerapkan temuan ini dalam kehidupan sehari-hari, perhatikan bau menarik dan baru yang Anda temui setiap hari. Itulah yang dilakukan Tracy Wan. Wan, seorang penulis dan konsultan wewangian yang tinggal di Toronto, mengatakan bahwa dia tidak memiliki wewangian yang tepat untuk menjadi produktif, namun gerakan sederhana dengan mencium sesuatu yang baru, membantu mengasah perhatiannya, yang berdampak positif pada cara dia bekerja.

Hal tersebut sering Wan lakukan saat dia menguji beberapa wewangian dalam sepekan. Wan mengasosiasikan rosemary dan sage dengan kesegaran dan tempat-tempat terbuka, yang membantunya merasa segar dan fokus, namun mengakui hal itu mungkin istimewa dan psikosomatis.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement