Selasa 13 Feb 2024 08:31 WIB

Mesin Intuitif Pendarat NASA Bawa Kamera Kecil untuk Pelajari Permukaan Bulan

Pendarat akan membawa 12 muatan yang setengahnya bersifat komersial.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Kamera Stereo NASA untuk Studi Permukaan Lunar Plume, atau SCALPSS, akan mengumpulkan citra interaksi antara permukaan Bulan dan pendarat Nova-C dari Mesin Intuitif. Salah satu dari empat kamera terlihat di sini.
Foto: Intuitive Machines
Kamera Stereo NASA untuk Studi Permukaan Lunar Plume, atau SCALPSS, akan mengumpulkan citra interaksi antara permukaan Bulan dan pendarat Nova-C dari Mesin Intuitif. Salah satu dari empat kamera terlihat di sini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendarat di bulan yang akan diluncurkan pekan depan akan memiliki empat mata khusus untuk melacak bagaimana plume mesin pesawat ruang angkasa berinteraksi dengan permukaan bulan. 

Dilansir Space, Selasa (13/2/2024), pendarat bulan IM-1 Nova-C milik Intuitive Machines saat ini akan diluncurkan dengan roket SpaceX Falcon 9 dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral Florida pada 14 Februari 2024 pukul 12.57 EST (pukul 05.57 GMT). 

Baca Juga

Pendarat tersebut, bernama Odysseus, membawa 12 muatan, setengahnya bersifat komersial dan sisanya dari NASA. Salah satunya adalah Kamera-Kamera Stereo untuk Stereo Cameras for Lunar Plume-Surface Studies (SCALPSS), yang dikembangkan di Langley Research Center milik NASA di Hampton, Virginia, Amerika Serikat (AS), dan ditempatkan di sekitar dasar pendarat silinder heksagonal yang tinggi. 

SCALPSS 1.0 akan aktif selama pendarat turun ke bulan dan mengamati bagaimana permukaan bulan dipengaruhi dan diubah oleh mesin-mesin Odysseus. Eksperimen ini menggunakan fotogrametri stereo, di mana gambar-gambar yang tumpang tindih dari kamera-kamera digunakan untuk membuat tampilan 3D permukaan bulan, sehingga memungkinkan analisis rinci mengenai perubahan-perubahan permukaan setelah pendaratan.

Temuan-temuan ini akan membantu para ilmuwan dan para insinyur memprediksi dampak-dampak pendaratan di permukaan bulan, sebuah isu penting dalam program Artemis NASA yang bertujuan untuk mengembalikan manusia ke bulan dan membangun keberadaan bulan dalam jangka panjang. Kekhawatiran-kekhawatirannya mencakup potensi erosi atau kerusakan pada peralatan di dekatnya akibat plume pendarat. 

“Jika kita menempatkan benda-benda, pendarat-pendarat, habitat-habitat, dan lain-lain, berdekatan satu sama lain, kita bisa saja meledakkan apa yang ada di sebelah kita dengan pasir, sehingga hal ini akan mendorong persyaratan-persyaratan untuk melindungi aset-aset lain di permukaan, yang dapat menambah massa, dan massa tersebut beriak melalui arsitekturnya,” Michelle Munk, penyelidik utama SCALPSS dan penjabat kepala arsitek Direktorat Misi Teknologi Luar Angkasa NASA di Markas Besar NASA, mengatakan dalam sebuah pernyataan NASA. “Itu semua adalah bagian dari masalah rekayasa yang terintegrasi.”

Tim SCALPSS memerlukan setidaknya....

 

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلطَّلَاقُ مَرَّتٰنِ ۖ فَاِمْسَاكٌۢ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ تَسْرِيْحٌۢ بِاِحْسَانٍ ۗ وَلَا يَحِلُّ لَكُمْ اَنْ تَأْخُذُوْا مِمَّآ اٰتَيْتُمُوْهُنَّ شَيْـًٔا اِلَّآ اَنْ يَّخَافَآ اَلَّا يُقِيْمَا حُدُوْدَ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ خِفْتُمْ اَلَّا يُقِيْمَا حُدُوْدَ اللّٰهِ ۙ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا فِيْمَا افْتَدَتْ بِهٖ ۗ تِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ فَلَا تَعْتَدُوْهَا ۚوَمَنْ يَّتَعَدَّ حُدُوْدَ اللّٰهِ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ
Talak (yang dapat dirujuk) itu dua kali. (Setelah itu suami dapat) menahan dengan baik, atau melepaskan dengan baik. Tidak halal bagi kamu mengambil kembali sesuatu yang telah kamu berikan kepada mereka, kecuali keduanya (suami dan istri) khawatir tidak mampu menjalankan hukum-hukum Allah. Jika kamu (wali) khawatir bahwa keduanya tidak mampu menjalankan hukum-hukum Allah, maka keduanya tidak berdosa atas bayaran yang (harus) diberikan (oleh istri) untuk menebus dirinya. Itulah hukum-hukum Allah, maka janganlah kamu melanggarnya. Barangsiapa melanggar hukum-hukum Allah, mereka itulah orang-orang zalim.

(QS. Al-Baqarah ayat 229)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement