Kamis 15 Feb 2024 06:25 WIB

Nasihat Bagi Orang yang Suka Meminta-minta

Orang yang suka meminta-minta ibarat merampok kaum miskin.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Tukang minta-minta atau pengemis (ilustrasi)
Foto: Antara
Tukang minta-minta atau pengemis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sang Hujjatul Islam, Imam Al-Ghazali (1058-1111 M) dalam kitabnya yang berjudul Raudhah at-Thalibin wa ‘Umdah as-Salikin memberikan nasihat tentang orang yang suka meminta-minta. Menurut dia, orang yang suka meminta-minta sama halnya telah merampok orang lemah dan miskin. 

"Siapa yang meminta-minta, padahal ia memiliki makanan pokok untuk satu hari, itu sama halnya telah merampok orang-orang lemah dan miskin," kata Al Ghazali dikutip dari buku “Hidup di Dunia Apa yang Kau Cari?” terbitan TuRos. 

Baca Juga

Siapa yang berniat mencari akhirat, lanjut dia, Allah SWT akan menempatkan kekayaannya di dalam hati dan menjadikannya sebagai orang kuat, sedangkan dunia akan mendatanginya dengan suka rela. Sementara, orang yang bertujuan mencari dunia maka Allah akan meletakkan kefakiran di depan matanya, kekuatan dan urusannya pun tercerai-berai. 

Menurut Al Ghazali, tidak ada dunia yang datang kepadanya selain yang sudah ditentukan untuknya. Siapa yang membuat perhatiannya menjadi satu, Allah mencukupinya dalam urusan dunia dan akhirat. Siapa yang perhatiannya bercabang-cabang, Allah tidak peduli di lembah manakah ia binasa. 

"Seluruh dunia dari awal hingga akhir tak bisa menyamai satu kesedihan, terlebih umurmu yang pendek, sedangkan dunia yang kau raih hanya sedikit," jelas Al Ghazali. 

Selain itu, kata dia, siapa yang ridha terhadap apa yang telah dibagikan Allah kepadanya, Allah akan memberkahi apa yang telah dianugerahkan dan melapangkannya. Siapa yang tak mau meminta-minta, berarti ia telah diberi anugerah terbaik. 

Siapa pun yang engkau butuh kepadanya, rendahlah engkau di hadapannya. Jika engkau ingin hidup bebas, jangan membiasakan untuk berharap kepada yang lain, dan teguhlah dalam sifat qana'ah. Lantas, bagaimana bisa orang bebas yang mencari murid merendahkan diri kepada hamba, sedangkan ia telah menemukan segala yang ia inginkan di sisi tuannya.

Imam Al Ghazali menambahkan, sekiranya seseorang mengetahui apa yang ada dalam tindakan meminta-minta, tak seorang pun yang akan melakukan tindakan tersebut.

Sebaliknya, andaikan orang-orang mengetahui apa yang terdapat dalam hak orang yang meminta-minta, tentulah mereka tak akan pernah menolak orang yang meminta kepadanya. 

"Tak seorang pun meminta hajat kepada seseorang, dikabulkan atau tidak, melainkan harga dirinya telah jatuh selama empat puluh hari," kata Al Ghazali.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement