Jumat 16 Feb 2024 20:24 WIB

Jaga Kesehatan Mental, Bisa dengan Memberikan Kasih Sayang pada Diri Sendiri Ini Caranya

Dengan memberikan kasih sayang pada diri sendiri pasti akan memberikan banyak manfaat

Red: Arie Lukihardianti
Wanita sedang melakukan perawatan kecantikan (ilustrasi).
Foto: Dok. Freepik
Wanita sedang melakukan perawatan kecantikan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Saat ini, tingkat stres di kehidupan sehari-hari cukup tinggi dengan berbagai kesibukan yang dihadapi. Tapi, tak ada salahnya kalau kita sejenak mengambil waktu untuk mengurai stres dengan beristirahat sebentar dari kesibukan. Sehingga, kesehatan mental kita bisa lebih terjaga. Yakni, dengan memberikan kasih sayang pada diri sendiri pasti akan memberikan banyak manfaat terhadap diri kita. 

Istilahnya, adalah self-love atau mencintai diri sendiri. Karena, kita memang harus memberikan perhatian pada diri sendiri. Yakni dengan melakukan treatment spesial yang membuat dirimu lebih berharga dan lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga

Berikut tips dan beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan kasih sayang pada diri sendiri, versi Yenni selaku Owner Lovenda, produk perawatan:

1. Bersikap Jujur pada Diri Sendiri

Kita terkadang selalu ingin menyenangkan banyak orang, sehingga lupa untuk jujur pada diri sendiri. Jika kamu berada di fase yang sama, cobalah untuk jujur pada dirimu sejak saat ini. Jika kamu merasakan tidak nyaman, baik pada orang-orang terdekat atau lingkungan sekitar, katakan bahwa kamu tidak nyaman.

Apabila kamu tidak setuju atau memiliki pandangan berbeda terhadap sesuatu, ungkapkan. Hal-hal kecil seperti ini akan membuat dirimu merasa lebih nyaman dan tentram. Juga akan sangat baik terhadap kesehatan mental dan jiwamu.

2. Percaya pada Kemampuan yang Dimiliki

Seringkali kita tanpa sadar meragukan kemampuan yang dimiliki. Padahal banyak orang percaya kita bisa melakukan sesuatu, baik yang bersifat kecil maupun skala besar. Hanya ada ketakutan-ketakutan kecil yang akhirnya membuat diri kita tidak percaya pada potensi yang dimiliki.

Cobalah untuk melihat potensi dan kemampuan diri yang dimiliki. Jika belum siap melihatkannya kepada orang lain, lakukan hal tersebut untuk dirimu sendiri. Sebelum menyenangkan dan memukau orang lain dengan bakatmu, lakukan itu pada dirimu terlebih dahulu.

3. Miliki Waktu untuk Diri Sendiri

Terlepas dari kamu seorang ekstrovert atau introvert, penting untuk memiliki waktu bagi diri sendiri. Ada banyak hal yang bisa dikerjakan, seperti melakukan berbagai aktivitas yang kamu suka, menambah skill baru, melakukan evaluasi diri, dan lain-lain.

4. Latihan Bersabar

Hidup tentu tak selalu sesuai dengan apa yang kita mau. Ada berbagai hal yang membuat kita merasa lebih emosional, dan berdampak pada kestabilan mental. Jadi penting untuk selalu melatih diri agar bisa lebih sabar ketika menghadapi hal-hal di luar kendali kita.

5. Berikan Apresiasi pada Diri Sendiri

Hal paling penting dalam upaya self-love atau wujud kasih sayang terhadap diri adalah memberikan apresiasi pada diri kita sendiri, misalnya dengan merayakan pencapaian yang diraih hingga merawat tubuh dengan rangkaian body care berkualitas tinggi.

Merawat tubuh bisa jadi bagian paling menyenangkan dalam mewujudkan kasih sayang pada diri sendiri, terutama dengan menggunakan produk-produk dengan Luxury Fragrance dari Lovenda, berupa shower scrub, body serum, body lotion, hingga hair & body mist. 

“Merawat diri dengan produk yang tepat, ini tidak hanya menyayangi diri pribadi, tetapi juga memberikan kebahagiaan pada orang-orang di sekitar kita,” papar Yenni.

Tentunya, setiap orang memiliki cara tersendiri dalam mengutarakan rasa sayang kepada dirinya. Apapun yang menjadi pilihan nangi, pastikan itu adalah keputusan terbaik dari kamu sendiri. Termasuk dalam hal memilih rangkaian produk kecantikan yang dapat membuatmu tampil lebih percaya diri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement