Selasa 27 Feb 2024 18:52 WIB

Istri Gubernur Sumbar Terancam Gagal Lolos ke Senayan

Istri Gubernur Sumbar Mahyeldi, Harneli terancam gagal mendapatkan kursi ke DPR RI.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Bilal Ramadhan
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah. Istri Gubernur Sumbar Mahyeldi, Harneli terancam gagal mendapatkan kursi ke DPR RI.
Foto: dok. Republika
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah. Istri Gubernur Sumbar Mahyeldi, Harneli terancam gagal mendapatkan kursi ke DPR RI.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Istri Gubernur Sumbar, Mahyeldi, yakni Harneli, terancam gagal mendapatkan kursi untuk DPR RI untuk Pileg di Dapil 1 Sumatra Barat. Berdasarkan pantauan Republika, Selasa (27/2/2024), hingga pukul  14.54, Harneli baru mendapatkan 16.309 suara.

Perolehan suara Harneli berada di urutan tiga caleg PKS dari Dapil 1 Sumbar. Yakni di bawah Rahmat Saleh yang mendapatkan 41.801 suara dan Hermanto yang mendapatkan 23.749 suara.

Baca Juga

Di Dapil 1 Sumbar ini, PKS juga mendaftarkan putra mantan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, yakni Ibrahim Irwan Prayitno. Ibrahim tercatat baru mendapatkan 5.866 suara.

Ibrahim tidak mampu menyamai suara ibunya, Nevi Zuairina yang maju di Dapil 2 Sumatra Barat. Nevi kini memimpin perolehan suara PKS di Dapil 2 dengan 46.228 suara. Di mana Nevi yang merupakan caleg pejawat berpeluang besar mempertahankan kursinya di Senayan.

Pantauan Republika, saat ini rekapitulasi suara di laman KPU Sumbar sudah 78,04 persen. Bila tidak ada kenaikan signifikan, dua caleg PKS yang berpeluang ke DPR RI adalah Rahmat Saleh dari Dapil 1 dan Nevi di Dapil 2. 

Rahmat Saleh merupakan Anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat. Ia juga merupakan Sekretaris DPW PKS Sumbar. Sedangkan Nevi Zuarina merupakan caleg pejawat PKS. Nevi adalah istri mantan Gubernur Irwan Prayitno. Nevi lolos ke Senayan 2019 di masa akhir jabatan Irwan menjadi Gubernur Sumbar. 

Irwan Prayitno sendiri kini maju menjadi caleg DPR RI dari Dapil Sumatra Utara III. Irwan kemungkinan besar gagal mendapatkan kursi DPR RI karena suaranya tertinggal jauh dari banyak caleg populer dan tokoh kuat di Sumut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement