Jangan Disepelekan, Begini Jurus Atur Tidur Berkualitas Selama Ramadhan

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 02 Mar 2024 06:05 WIB

Untuk pertama kalinya, West End London diwarnai dengan gemerlap 30 ribu lampu, sebagai tanda dimulainya bulan suci Ramadhan. Coventry Street, yang menghubungkan Leicester Square dengan Piccadilly, diterangi tulisan Happy Ramadan, Rabu (22/3/2023). Foto: Reuters Untuk pertama kalinya, West End London diwarnai dengan gemerlap 30 ribu lampu, sebagai tanda dimulainya bulan suci Ramadhan. Coventry Street, yang menghubungkan Leicester Square dengan Piccadilly, diterangi tulisan Happy Ramadan, Rabu (22/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang bulan suci Ramadhan, para ahli menyarankan untuk tetap menjaga kualitas tidur selama berpuasa Ramadhan. Menjaga kualitas tidur sangat penting untuk melindungi kesehatan fisik dan mental selama bulan suci Ramadhan.

Namun, menjaga rutinitas tidur yang konsisten di bulan ini menjadi tantangan tersendiri, karena pada malam hari kita melakukan sholat tarawih. Pada dini hari kita sudah harus bangun untuk makan sahur.

Baca Juga

“Saat tidur, tubuh melakukan beberapa proses perbaikan dan pemeliharaan yang mempengaruhi hampir setiap bagian tubuh, itulah mengapa tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental,” kata Manajer Klinis NeoHealth, Reymar Berna Duque-Udani, dilansir dari Al Arabiya, Jumat (1/3/2024).

Terlebih lagi selama bulan suci Ramadhan, tidur sangat penting untuk mempertahankan tingkat energi dimana akan terjadi penurunan energi karena tidak adanya asupan makanan dan minuman. Padahal asupan makanan dan minuman sangat dibutuhkan untuk menjaga konsentrasi dan fokus serta meningkatkan mood dan kesehatan fisik yang baik.

“Dehidrasi dapat berdampak signifikan terhadap kualitas tidur,” kata Duque-Udani.

Karena itu, agar puasa Ramadhan tetap terhidrasi sepanjang hari, mengoptimalkan cairan di malam hari sangat penting. Misalnya memperbanyak asupan cairan sejak waktu berbuka, setelah tarawih, sebelum tidur, dan pada waktu sahur.

Mengatur asupan air saat puasa...

Terpopuler