Tadarus Alquran Lebih Mudah Saat Ramadhan dengan Aplikasi Ngaji.ai

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 05 Mar 2024 23:00 WIB

Pekerja memperlihatkan tampilan depan Ngaji.ai saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (5/3/2024). Foto: Dok.Republika Pekerja memperlihatkan tampilan depan Ngaji.ai saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang Ramadhan, perusahaan pelopor penerapan teknologi AI dalam pendidikan Bahasa Indonesia, Vokal.ai meluncurkan inovasi terbaru berupa aplikasi belajar mengaji dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), yakni Ngaji.ai.

Teknologi AI yang dikembangkan Vokal.ai membuat aplikasi ini mampu mendeteksi akurasi pelafalan huruf Hijaiyah melalui teknologi Automatic Speech Recognition agar proses belajar mengaji dapat dilakukan mandiri. Mulai dikembangkan sejak 2020 dan dirilis pada November 2022, Ngaji.ai dikembangkan bersama ahli di bidang data collection, materi pembelajaran mengaji, IT, dan machine learning asal Indonesia dan Belanda.

Baca Juga

 Co-founder Ngaji.ai Prof Sutarto Hadi mengatakan aplikasi ini bisa digunakan oleh dari anak-anak hingga orang dewasa yang ingin belajar Alquran. Di dalam aplikasi ini ada fitur belajar yang terdiri dari tiga level, yakni level dasar, menengah, dan mahir.

Dalam proses belajarnya, terdapat 15 materi. Materi paling dasar adalah mengenal huruf-huruf hijaiyah dan bagaimana bunyi huruf tersebut. Kemudian akan naik tingkatan menjadi belajar huruf bersambung.