Rabu 06 Mar 2024 17:07 WIB

Film Superhero dengan Biaya Produksi Termahal Sepanjang Masa

Meski biaya produksinya mahal, ada film superhero yang pendapatannya rendah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Avengers: Age of Ultron. Ada beberapa film superhero yang dinobatkan sebagai film dengan biaya termahal sepanjang masa.
Avengers: Age of Ultron. Ada beberapa film superhero yang dinobatkan sebagai film dengan biaya termahal sepanjang masa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Adegan epik, efek CGI memukau, serta pemeran bertabur bintang menjadi beberapa penyebab mengapa film pahlawan super memiliki anggaran yang bombastis. Bahkan, biaya pembuatan film-film superhero kian meningkat setiap tahunnya.

Dengan biaya produksi yang besar, deretan film itu pun memiliki risiko tinggi untuk gagal saat perilisannya. Namun, itu tidak membuat pihak studio menyerah pada penggarapan film pahlawan super atau serial-serial yang kisahnya saling berhubungan.

Baca Juga

Dua waralaba yang paling dikenal khalayak, DC Universe dan Marvel Cinematic Universe, justru terus berkembang. Berikut lima film teratas dengan anggaran terbesar menurut data Box Office Mojo, dikutip dari laman ScreenRant, Rabu (6/3/2024):

1. Avengers: Age Of Ultron (2015)

photo
Avengers: Age of Ultron - ()

 

Film Avengers: Age of Ultron memiliki anggaran 495 juta dolar AS (Rp 7,773 triliun). Ini sangat mengejutkan karena angkanya bahkan lebih tinggi daripada film yang lebih baru seperti Infinity War atau Endgame, dengan perbedaan cukup jauh.  

Saat menonton filmnya pun, tidak jelas besarnya anggaran karena apa, mengingat performa sinema lainnya terlihat jauh lebih baik. Namun, itu mungkin karena pengambilan gambar Age of Ultron dilakukan di banyak negara, termasuk Italia, Inggris, dan Afrika Selatan.

2. Avengers: Endgame (2019)

photo
Film Avengers: Endgame dilelang (ilustrasi). - (Marvel/Disney)

 

Anggaran Avengers: Endgame dilaporkan sebesar 400 juta dolar AS (Rp 6,281 triliun). Sebagai film pemungkas dalam kisah Avengers, angka tersebut sebenarnya mengejutkan karena tidak bombastis, mengingat ada banyak bintang yang terlibat.

Para aktor seperti Robert Downey Jr, Mark Ruffalo, dan lainnya bisa saja menegosiasikan bayaran berapa pun yang mereka inginkan. Ternyata, untuk menekan anggaran, Disney menawarkan para aktor persentase dari keuntungan kotor film tersebut. 

3. Avengers: Infinity War (2018)

photo
Salah satu adegan dalam film Avengers: Infinity War. - (MCU.)

 

Sama seperti Avengers: Endgame, anggaran Avengers: Infinity War juga sebesar 400 juta dolar AS (Rp 6,281 triliun). Film ini penuh dengan pemeran terkenal, mengingat banyak pahlawan super MCU muncul di dalamnya dengan banyak rangkaian aksi menakjubkan.  

Tidak heran jika anggaran film ini pun tinggi, mengingat semua bintang film tersebut digaji mahal, serta ribuan seniman efek digital yang terlibat di dalamnya. Film ini sukses besar dan menghasilkan lebih dari dua miliar dolar AS atau sekitar Rp 31,4 triliun.

4. Justice League (2017) 

photo
Film Justice League karya Joss Whedon yang dirilis pada 2017. - (Warner Bros/DCEU)

 

Pengembangan, produksi, dan perilisan film Justice League cukup berbelit-belit.  Film ini berpindah tangan dari Zack Snyder ke Joss Whedon, dua sutradara yang memiliki gaya yang sangat berbeda dan memiliki visi yang sangat berbeda untuk film tersebut.

Itu menyebabkan anggaran membengkak hingga lebih dari 300 juta dolar AS (sekitar Rp 4,71 triliun). Ada banyak pengambilan gambar ulang dan Warner Bros menghabiskan puluhan ribu dolar untuk menghilangkan kumis Henry Cavill secara digital, yang ia tumbuhkan untuk peran dalam Mission: Impossible - Fallout.

5. The Marvels (2023)

photo
Salah satu adegan di film The Marvels. - (AP Photo/Laura Radford/Disney-Marvel Studios)

 

Berlatar belakang luar angkasa dengan adegan-adegan penuh efek visual tidak membuat penonton terkesan dengan The Marvels. Dengan anggaran 270 juta dolar AS (Rp 4,24 triliun), pendapatan global The Marvels hanya sebesar 199,7 juta dolar AS (Rp 3,13 triliun).

Itu mungkin juga karena aksi boikot sebagian penonton terhadap Disney, mengingat Disney diketahui meluas memberi dukungan kepada Israel yang melakukan genosida di Palestina. Hingga kini, sebagian penonton bertahan untuk tidak menonton film besutan Disney.

Selain kelima judul tersebut, film pahlawan super termahal lain yakni Man Of Steel (2013) dengan anggaran 258 juta dolar AS (Rp 4,05 triliun). Posisi berikutnya ditempati Guardians Of The Galaxy Vol 3 (2023) dengan anggaran 250 juta dolar AS (Rp 3,92 triliun). 

DI peringkat delapan hingga 10, anggarannya sama-sama sebesar 250 juta dolar AS (Rp 3,92 triliun). Tiga judul itu adalah Batman V Superman: Dawn Of Justice (2016), Captain America: Civil War (2016), serta The Dark Knight Rises (2012).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement