Pemkab Tangerang Siapkan Strategi Cegah Inflasi Saat Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Rabu 06 Mar 2024 23:42 WIB

Warga memanggul beras yang dibeli pada Operasi pasar murah di Banyuwangi, Jawa Timur, Ahad (11/2/2024). Pasar murah yang menyediakan sembako seperti beras, minyak goreng, telur dan gula dengan harga di bawah harga pasar itu digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Jawa Timur tersebut sebagai upaya stabilisasi harga kebutuhan pokok. Foto: ANTARA FOTO/Budi Candra Setya Warga memanggul beras yang dibeli pada Operasi pasar murah di Banyuwangi, Jawa Timur, Ahad (11/2/2024). Pasar murah yang menyediakan sembako seperti beras, minyak goreng, telur dan gula dengan harga di bawah harga pasar itu digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Jawa Timur tersebut sebagai upaya stabilisasi harga kebutuhan pokok.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten, menyiapkan sejumlah strategi untuk mencegah terjadinya inflasi daerah saat menghadapi Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah/Tahun 2024.

Pejabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono di Tangerang, Rabu (6/3/2024) menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tangerang telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengendalikan laju inflasi tersebut.

Baca Juga

"Jadi kita sudah siapkan sembilan langkah yang akan dilakukan di Kabupaten Tangerang sesuai arahan dari Kemendagri, mulai dari pengecekan harga pangan hingga memantau ketersediaan kebutuhan pangan masyarakat," katanya.

Dia mengungkapkan, dari beberapa langkah atau strategi pengendalian laju inflasi daerah itu diantaranya seperti menggelar pasar murah atau operasi pasar, mengecek ketersediaan pangan hingga melakukan pengendalian harga.

Selain itu, pihaknya bakal menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan setempat untuk menyiapkan kebutuhan bahan pokok yang diperlukan masyarakat.

Kemudian, dalam hal ini, Pemkab Tangerang juga melakukan koordinasi lintas instansi seperti dengan Bulog sebagai menyediakan logistik dasar untuk memenuhi kebutuhan bulan Ramadhan.

"Kita sudah melakukan kerja sama dengan daerah-daerah lain, untuk membantu mempermudah kelancaran penyaluran logistik, supaya nanti tidak terjadi kenaikan harga," terangnya.

Sejauh ini, kata Andi, kondisi harga dan kebutuhan pangan di daerah Kabupaten Tangerang dapat terkendali dengan baik. Dimana, sejumlah harga-harga pokok dasar seperti beras dan sebagainya bisa terkontrol, tidak terjadi lonjakan yang signifikan.

"Alhamdulillah untuk situasi harga kebutuhan pokok di Tangerang tidak terlalu melonjak. Semua dapat terkendali, meski ada beberapa harga yang masih belum stabil. Kemudian ketersediaan stok pangan kita masih aman karena kami terus berkoordinasi," kata dia.

Terpopuler