Puasa Saat Sedang Hamil, Tetap Jaga Berat Badan dengan Batasi Makanan-Minuman Manis

Red: Reiny Dwinanda

Kamis 07 Mar 2024 18:09 WIB

Ibu hamil (Ilustrasi). Ibu perlu mencoba berpuasa satu-dua hari dulu untuk melihat kesanggupan tubuhnya. Foto: Pixabay Ibu hamil (Ilustrasi). Ibu perlu mencoba berpuasa satu-dua hari dulu untuk melihat kesanggupan tubuhnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibu hamil yang berpuasa disarankan menghindari makan atau minum terlalu banyak manis saat berbuka. Mengapa begitu?

"Jangan terlalu banyak manis, terlalu banyak berminyak itu tidak baik, jaga peningkatan berat badan," kata dokter spesialis obstetri ginekologi Binarwan Halim dalam diskusi kesehatan mengenai infertilitas di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Baca Juga

Dokter Binarwan mengatakan peningkatan berat badan pada ibu hamil dikhawatirkan dapat memicu terjadinya diabetes pada waktu akhir kehamilan (diabetes gestasional) atau keracunan kehamilan karena terjadi peningkatan hipertensi. Kenaikan berat badan yang disarankan dokter kandungan adalah 10 sampai 12 kilogram bagi yang memiliki berat badan normal.

Jika terlalu gemuk saat hamil, kenaikan berat badan yang direkomendasikan sekitar 6-9 kilogram saja. Sementara itu, bagi yang memiliki tubuh kurus, boleh naik berat badan sekitar 15 kilogram ke atas.

Dokter Binarwan mengatakan, ibu hamil yang berpuasa sebaiknya mengonsumsi cukup protein. Sebab, janin terbentuk dari daging yang butuh protein tinggi untuk pembentukan yang sempurna.

 

"Harus perhatikan makanan tinggi protein apakah bentuk ikan, susu, telur, tempe, dan tahu," kata lulusan Universitas Sumatera Utara ini.

Terpopuler