Jumat 08 Mar 2024 23:09 WIB

Pemkab Jember Bagikan Pupuk Organik Si Jempol Secara Gratis

Si Jempol merupakan produk pabrik pupuk milik pemerintah daerah.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Bupati Jember Hendy Siswanto.
Foto: Dok Pemkab Jember
Bupati Jember Hendy Siswanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur, membagikan pupuk organik “Si Jempol” secara gratis kepada petani. Si Jempol merupakan produk dari pabrik pupuk milik pemerintah daerah. 

Bupati Jember Hendy Siswanto secara resmi melakukan pelepasan perdana pupuk organik Si Jempol untuk dibagikan kepada para petani, Jumat (8/3/2024), di pabrik Si Jempol, Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. “Pupuk organik itu bisa mengembalikan unsur hara tanah agar subur, sehingga kami mengajak para petani untuk menggunakan pupuk organik Si Jempol,” kata Bupati.

Baca Juga

Pabrik pupuk Si Jempol diluncurkan pada 23 Desember 2023 di Desa Wirowongso. Si Jempol ini merupakan kependekan dari “Jember Pupuk Organik Lengkap”. Menurut Bupati, pabrik tersebut dapat memproduksi pupuk organik sekitar 20 ton-30 ton setiap harinya, sehingga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan petani di Jember.

“Hasil produksi pupuk organik tersebut akan dibagi-bagikan secara gratis untuk kebutuhan para petani,” kata Bupati.

Bupati mengatakan, Pemkab Jember akan berupaya konsisten mengelola pabrik pupuk tersebut, juga mengembangkan sektor pertanian yang berkelanjutan. “Namun juga ada industrinya di Jember dan hilirisasi pertanian, sehingga bisa memberikan anak-anak milenial semangat menjadi petani muda,” ujar Bupati. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement