Sabtu 09 Mar 2024 09:20 WIB

Musim F1 Baru Mulai, Verstappen Sudah Tunjukkan Kedigdayaan

Verstappen merajai seri latihan.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen (Kiri) dari Belanda dan pembalap Scuderia Ferrari Charles Leclerc dari Monaco beraksi saat Grand Prix Formula Satu Bahrain, di Sirkuit Internasional Bahrain di Sakhir, Bahrain, Sabtu (2/3/2024).
Foto: EPA
Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen (Kiri) dari Belanda dan pembalap Scuderia Ferrari Charles Leclerc dari Monaco beraksi saat Grand Prix Formula Satu Bahrain, di Sirkuit Internasional Bahrain di Sakhir, Bahrain, Sabtu (2/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Red Bull Max Verstappen memuncaki sesi latihan bebas ketiga Grand Prix Arab Saudi yang bergulir di SIrkuit Jeddah Corniche, Jumat (8/3/2024), dengan catatan waktu lap terbaik 1 menit 28,412 detik.

Dikutip dari statistik resmi Formula 1, ini merupakan catatan lap terbaik Verstappen dari tiga sesi latihan bebas sebelumnya, yakni 1 menit 29,659 detik di sesi pertama, dan 1 menit 28,928 detik di sesi kedua.

Baca Juga

Juara bertahan tersebut berada di depan pembalap Charles Leclerc (Ferrari) yang hanya terpaut 0,196 detik saja.

Menyusul di belakangnya, ada Sergio Perez yang juga konsisten sebagai salah satu pembalap solid di sirkuit yang terletak di pinggiran Laut Merah tersebut. Ia hanya memiliki selisih waktu 0,494 detik dari rekan satu timnya pada sesi latihan bebas ketiga ini.

Melengkapi daftar lima besar, ada George Russell (Mercedes) dan Lando Norris (McLaren) yang masing-masing memiliki margin 0,552 detik dan 0,559 detik dari Verstappen.

Hal menarik lainnya yang terjadi pada latihan bebas ketiga GP Arab Saudi kali ini adalah debut dari pembalap muda Ferrari, Oliver Bearman, di kelas balap Formula 1.

Pembalap berusia 18 tahun yang kini membalap di kelas Formula 2 itu menggantikan Carlos Sainz, yang absen di balapan putaran kedua musim ini, karena menderita radang usus buntu dan harus menjalani operasi sesegera mungkin.

Dalam balapan perdananya menggunakan SF-24, Bearman finis dengan tenang di posisi 10. Ia berada tepat di belakang juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton (Mercedes), yang pada tahun depan akan pindah ke tim kuda jingkrak.

Dengan turunnya Bearman ke grid hari ini, menjadikannya sebagai pembalap termuda yang membela Ferrari di kelas balap mobil premier ini.

Ia sebelumnya berstatus sebagai pembalap cadangan Ferrari, dan ia juga dinilai tampil kompetitif di kelas F2.

Bearman juga merupakan orang Inggris pertama yang melakukan debut kompetitif F1 dengan Ferrari sejak Derek Bell pada Grand Prix Italia 1968 di Monza.

Ferrari sendiri jarang menggunakan “pembalap pemula” untuk bersaing di kelas utama, dan terakhir kali tim Italia memberikan kesempatan itu kepada Arturo Merzario di Grand Prix Inggris 1972.

Sementara itu, setelah menyelesaikan tiga sesi latihan bebas, para pembalap segera bersiap untuk melakoni babak kualifikasi yang bergulir pada Sabtu (9/3/2024) pukul 00.00 WIB.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَدْ كَانَتْ لَكُمْ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ فِيْٓ اِبْرٰهِيْمَ وَالَّذِيْنَ مَعَهٗۚ اِذْ قَالُوْا لِقَوْمِهِمْ اِنَّا بُرَءٰۤؤُا مِنْكُمْ وَمِمَّا تَعْبُدُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۖ كَفَرْنَا بِكُمْ وَبَدَا بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةُ وَالْبَغْضَاۤءُ اَبَدًا حَتّٰى تُؤْمِنُوْا بِاللّٰهِ وَحْدَهٗٓ اِلَّا قَوْلَ اِبْرٰهِيْمَ لِاَبِيْهِ لَاَسْتَغْفِرَنَّ لَكَ وَمَآ اَمْلِكُ لَكَ مِنَ اللّٰهِ مِنْ شَيْءٍۗ رَبَّنَا عَلَيْكَ تَوَكَّلْنَا وَاِلَيْكَ اَنَبْنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ
Sungguh, telah ada suri teladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengannya, ketika mereka berkata kepada kaumnya, “Sesungguhnya kami berlepas diri dari kamu dan dari apa yang kamu sembah selain Allah, kami mengingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu ada permusuhan dan kebencian untuk selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja,” kecuali perkataan Ibrahim kepada ayahnya, ”Sungguh, aku akan memohonkan ampunan bagimu, namun aku sama sekali tidak dapat menolak (siksaan) Allah terhadapmu.” (Ibrahim berkata), “Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkau kami bertawakal dan hanya kepada Engkau kami bertobat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali,

(QS. Al-Mumtahanah ayat 4)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement