Sabtu 09 Mar 2024 17:30 WIB

The Minions Tinggal Kenangan, Ini Reaksi PBSI Atas Pengumuman Pensiunnya Marcus Gideon

Marcus kesulitan bangkit dari cedera yang menghantamnya.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (kanan) dan Marcus Fernaldi Gideon.
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (kanan) dan Marcus Fernaldi Gideon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah keringnya prestasi bulu tangkis Indonesia pada tiga bulan pertama tahun 2024 ini. Kabar menyedihkan muncul dari akun medsos milik pemain ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon.

Pasangan dari Kevin Sanjaya Sukamuljo ini mengumumkan dirinya pensiun dari pemain profesional. Itu artinya Kita tak bisa lagi melihat duet berjuluk Minions untuk comeback. Padahal sempat tersiar kabar The Minions akan comeback.

Baca Juga

Sinyo sapaan akrab di akun Instagram contreng biru @marcusfernaldig menulis, Thank You God for these 33 years! Pada hari ini tepat di usia 33 tahun saya memutuskan untuk berhenti dari karier profesional badminton. Tidak terasa sudah 25 tahun tidak henti-hentinya saya berlatih dan bersaing di lapangan.

Saya mengucap syukur kepada Tuhan yang sudah berkarya dalam hidup saya, tanpaNya saya mungkin tidak ada seperti sekarang ini. Semasa saya kecil bahkan guru saya pun mengganggap saya "madesu" atau masa depan suram, dianggap sebelah mata karena postur tubuh yg tidak tinggi & bahkan prestasi saya boleh dikatakan "biasa" saja jika dibandingkan dengan kawan-kawan yang lain. Saya sadar ada sampai sekarang ini hanya karena kemurahan Tuhan saja. 

Saya berterima kasih kepada partner-partner saya, almarhum Markis Kido @markis_kido11, Kevin Sanjaya Sukamuljo @kevin_sanjaya, dll. Terima kasih untuk keluarga yang selalu mensupport & mendokan. Terima kasih untuk YONEX.

Dalam hidup ini tidak ada yang saya sesali, apa yang sudah saya raih sekarang ini bahkan sudah melebihi apa yg pernah saya impikan. Saya dulu pernah berkata kepada istri saya saat kami masih pacaran "saya ingin jadi world no.1" karena pada saat itu tampaknya menjadi ranking 1 adalah sesuatu yg sulit sekali untuk digapai. Tapi Tuhan memberikan bahkan lebih dari yg saya bayangkan, oleh sebab itu saya menutup karier saya dalam dunia badminton dengan hati yang puas & rasa bersyukur. Tidak lupa saya juga berterima kasih untuk para supporter yg telah mendukung saya selama ini. 

Sementara itu ketua Harian PP PBSI  Alex Tirta mengaku belum menerima secara resmi pengunduran tersebut. Dan jika keputusan itu benar PBSI menghormati keputusan tersebut.

"PP PBSI mendapat kabar dari media sosial bahwa Marcus Fernaldi Gideon memutuskan pensiun sebagai atlet bulutangkis profesional. Namun PP PBSI belum menerima keputusan itu secara resmi dari Marcus Fernaldi Gideon dalam bentuk lisan ataupun tertulis," ujar Alex dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id siang ini.

"Apabila kabar itu benar, PP PBSI sangat menghormati keputusan Marcus Fernaldi Gideon ini. Prestasi dan dedikasi Marcus Fernaldi Gideon untuk kejayaan prestasi bulutangkis Indonesia sudah tidak diragukan lagi," imbuhnya.

"Saat ini PP PBSI masih menunggu komunikasi lebih lanjut dari Marcus Fernaldi Gideon untuk mengambil langkah-langkah selanjutnya," ungkap Alex.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُوْلُوْٓا اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَمَآ اُنْزِلَ اِلَيْنَا وَمَآ اُنْزِلَ اِلٰٓى اِبْرٰهٖمَ وَاِسْمٰعِيْلَ وَاِسْحٰقَ وَيَعْقُوْبَ وَالْاَسْبَاطِ وَمَآ اُوْتِيَ مُوْسٰى وَعِيْسٰى وَمَآ اُوْتِيَ النَّبِيُّوْنَ مِنْ رَّبِّهِمْۚ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْهُمْۖ وَنَحْنُ لَهٗ مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah, “Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami, dan kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub dan anak cucunya, dan kepada apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta kepada apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka, dan kami berserah diri kepada-Nya.”

(QS. Al-Baqarah ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement