Kamis 14 Mar 2024 04:50 WIB

Perusahaan Disarankan Lakukan Ini demi Karyawan yang Bahagia, Sehat, dan Produktif

Para pekerja merasa dihargai dan dipahami, sehingga kesehatan mental fisik terjaga.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Gita Amanda
Para bos perlu memprioritaskan terciptanya lingkungan kerja yang mendukung karyawan berkembang. (ilustrasi)
Foto: Flickr
Para bos perlu memprioritaskan terciptanya lingkungan kerja yang mendukung karyawan berkembang. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Menjaga kesejahteraan karyawan bukan hanya tentang mematuhi peraturan kesehatan dan keselamatan. Lebih jauh lagi, itu tentang membina lingkungan yang mendukung di mana para pekerja merasa dihargai dan dipahami, sehingga kesehatan mereka terjaga, baik secara mental maupun fisik.

Pemilik dan pengelola perusahaan tentunya punya peran penting dalam menumbuhkan budaya kerja positif yang bermanfaat bagi semua karyawan. Pakar sumber daya manusia menyarankan perusahaan melakukan beberapa hal ini untuk mewujudkannya, dikutip dari laman Wellbeing News, Kamis (14/3/2024):

Baca Juga

1. Menciptakan lingkungan suportif

Para bos perlu memprioritaskan terciptanya lingkungan kerja yang mendukung karyawan berkembang, juga budaya tempat kerja yang mendorong keterbukaan dan dukungan. Dengan begitu, karyawan merasa nyaman mendiskusikan kesehatan mental tanpa takut dihakimi.  

Diskusi rutin dengan manajemen dapat membantu mengidentifikasi kekhawatiran sejak dini, sehingga memungkinkan adanya dukungan dan intervensi tepat waktu. Pendekatan proaktif ini tidak hanya membantu mencegah meningkatnya masalah kesehatan mental, tetapi juga memperkuat ikatan antara karyawan dan manajemen, menumbuhkan rasa kebersamaan dan saling menghormati.

2. Pengaturan kerja yang fleksibel

Fleksibilitas di tempat kerja sangat membantu dalam mendukung kesehatan mental karyawan.  Memberikan kesempatan kepada staf untuk mengontrol jam kerja dan lokasi dapat mengurangi stres secara signifikan, terutama bagi mereka yang memiliki tanggung jawab pribadi dan peran profesional.  

Dengan mengakomodasi kebutuhan individu, pemberi kerja menunjukkan komitmen terhadap kesejahteraan tenaga kerja mereka secara keseluruhan, sehingga meningkatkan kepuasan kerja dan produktivitas. Kemampuan beradaptasi ini menguntungkan karyawan dan memosisikan perusahaan sebagai tempat kerja yang menarik. 

3. Pelatihan khusus

Penyelenggaraan berbagai pelatihan untuk karyawan sangat penting untuk membantu meningkatkan kemampuan serta memicu karyawan lebih produktif. Cara ini akan mengedukasi karyawan sekaligus mempererat kerja tim. Acara bersama akan menanamkan rasa kepedulian satu sama lain, serta memperkuat gagasan upaya kolektif untuk menjaga lingkungan kerja yang nyaman.

Kesehatan fisik sama pentingnya dengan kesejahteraan mental... (baca halaman selanjutnya)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement