Kamis 14 Mar 2024 04:02 WIB

Bareskrim: Fredy Pratama Punya Kaki Tangan Seorang Perempuan untuk Rekrut Jaringan Baru

Sosok perempuan berinisial L saat ini sedang diburu pihak kepolisian.

Red: Agus raharjo
Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri, Brigjen Mukti Juharsa.
Foto: Dok Humas Polri
Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri, Brigjen Mukti Juharsa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Mukti Juharsa menyebut Fredy Pratama, bandar narkoba jaringan internasional, melakukan rekrutmen anggota baru untuk membuat jaringan baru penyalur narkoba. Hal ini terungkap dari penangkapan empat tersangka narkoba jaringan di Jawa Tengah.

"Empat tersangka dari Jawa Tengan ini adalah jaringan baru yang dibentuk oleh Fredy Pratama," kata Mukti di Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Baca Juga

Jenderal polisi bintang satu itu menjelaskan, jaringan baru Fredy Pratama ini dikendalikan langsung oleh Fredy Pratama dengan kaki tangan berinisial L. Ia merupakan seorang perempuan diduga kuat sebagai pengendali jaringan baru yang dibentuk oleh Fredy Pratama.

"Kami sedang mencari tokoh intelektual yang baru seorang wanita peran utamanya yang mengendalikan jaringan baru," katanya.

L, kata Mukti, juga melakukan perekrutan orang-orang untuk bergabung dengan jaringan narkoba Fredy Pratama. "Orang-orang baru yang direkrut sebagian besar mantan narapidana," ujarnya.

Sejak pengungkapan jaringan Fredy Pratama pada September 2023 sampai dengan Maret 2024, Polri menangkap sebanyak 58 tersangka tindak pidana jaringan Fredy Pratama.

Dari 58 tersangka yang ditangkap itu, sebanyak 45 tersangka sudah proses tahap II atau pelimpahan tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan, dan satu tersangka masih proses pengembalian berkas perkara atau P-19.

Selain itu, Polri juga mengusut tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan pidana asal narkoba yang dilakukan oleh jaringab Fredy Pratama. Total sampai sekarang, penyidik menyita aset Fredy Pratama senilai Rp422,2 miliar.

Pengejaran terhadap Fredy Pratama yang buron terus dilakukan, red notice juga sudah diterbitkan. Polri berkeyakinan Fredy Pratama masih berada di Thailand.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement