Warga Kepulauan Seribu Manfaatkan Layanan Kas Keliling Bank Indonesia

Red: Fuji Pratiwi

Rabu 20 Mar 2024 20:45 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga Kelurahan Kepulauan Seribu memanfaatkan layanan kas keliling Bank Indonesia (BI) program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan masyarakat terhadap peredaran uang rupiah layak edar.

"Saya menukar uang Rp 2 juta untuk ditukarkan dengan nominal pecahan Rp 5.000 dan Rp 20 ribu dalam layanan kali ini," kata warga RW 05 Pulau Pramuka Hesty Hasan, Rabu (20/3/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan, layanan ini sangat membantu dan tidak perlu repot-repot untuk mencari uang recehan saat Lebaran nanti. "Biasanya anak-anak sangat suka dengan uang baru seperti ini saat Lebaran nanti," kata Hesty.

Selain itu warga RT 07, Pulau Panggang, Dessy Irma, mengaku proses penukarannya uang di layanan kas keliling ini cukup mudah dan cepat. Ia hanya menunjukkan NIK KTP dan penukaran hanya boleh dilakukan sekali saja.

"Saat menukar banyak masyarakat yang berminat. Saya sendiri menukar uang Rp 5.000 dan Rp 2.000, mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus diadakan," kata Dessy.

Sementara Lurah Pulau Panggang, Muhammad Fakih Burhanuddin mengatakan layanan keliling ini rutin dilakukan Bank Indonesia di setiap pulau penduduk. Menurut dia untuk Kelurahan Pulau Panggang diselenggarakan di depan Plaza Kabupaten, Pulau Pramuka dan depan Dermaga Utama, Pulau Panggang.

"Masyarakat dapat menukarkan uang pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10 ribu, Rp 20 ribu, dan Rp 50 ribu," katanya.

Menurut dia dalam penukaran uang ini warga cukup membawa KTP dan uang yang akan ditukarkan. Setiap warga dibatasi menukar uang maksimal Rp 4 juta.

Dia menjelaskan layanan penukaran uang ini sangat dijaga ketat oleh tim pengamanan dari Kepolisian.

"Kegiatan ini sangat memudahkan masyarakat dalam menukarkan uang kecil atau recehan yang sering sulit diterima oleh pedagang atau tempat pembayaran, yang hanya menerima uang kertas," kata dia.

Terpopuler