Jumat 22 Mar 2024 18:49 WIB

Gempa Tuban, Satu Masjid di Pulau Bawean Roboh

BPBD Jatim mencatat setidaknya terjadi 15 kali gempa susulan di Tuban.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Gempa (ilustrasi)
Foto: republika
Gempa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa mengguncang wilayah Tuban dan sekitarnya. Titik gempa berpusat di sekitar Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Akibat gempa berkekuatan Magnitudo (M) 6.0 ini, sebuah masjid di Pulau Bawean roboh.

Berdasarkan video yang dikirimkan warga Bawean kepada Republika.co.id pada Jumat (22/3/2024), bangunan Masjid Al Muhajirin Balikbakgunung di Pulau Bawean tampak roboh. Camat Sangkapura, Umar Junid membenarkan bahwa masjid tersebut roboh setelah terjadi gempa yang berpusat tidak jauh dari Pulau Bawean.

Baca Juga

BACA JUGA: Siap-Siap! Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka Besok, 110 BUMN Terlibat

"Iya benar. Masjid itu ada di Balikbak Gunung, Desa gunung Teguh, Kecamatan Sangkapura," ujar  Junid saat dikonfirmasi Republika.co.id, Jumat (22/3/2024).

Tidak ada korban atas robohnya Masjid Al Muhajirin ini. Namun, gempa susulan terus membuat panik warga Bawean. Dalam sebuah video, warga tampak belum berani masuk ke dalam rumahnya.

"Nggak ada korban," kata Junid.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim Gatot Soebroto mengatakan, pihaknya mencatat setidaknya terjadi 15 kali gempa susulan, setelah terjadinya gempa dengan magnitudo 6,1 di timur laut Tuban, Jawa Timur, Jumat (22/3/2024).

Gatot mengungkapkan, rentetan gempa tersebut mengakibatkan sejumlah bangunan mengalami kerusakan. "Ada beberapa kerusakan yang terjadi di beberapa tempat seperti di Pulau Bawean dan Tuban yang memang mengalami rusak," kata Gatot, Jumat (22/3/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement