Sabtu 23 Mar 2024 21:04 WIB

Lanny/Ribka Kalahkan Apri/Fadia untuk Lolos ke Final Swiss Open 2024

Lanny/Ribka menang ruber game atas Apri/Fadia.

Red: Israr Itah
Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Ribka Sugiarto (kiri) dan Lanny Tria Mayasari
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Ribka Sugiarto (kiri) dan Lanny Tria Mayasari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ganda putri Indonesia Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto melaju ke babak final Swiss Open 2024 setelah mengalahkan kompatriotnya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di partai semifinal, Sabtu (23/3/2024).

Lanny/Ribka menang atas unggulan pertama melalui rubber game 13-21, 21-10, 23-21 dalam tempo 74 menit di lapangan St. Jakobshalle, Basel.

Baca Juga

Apri/Fadia tampil begitu mendominasi pada gim pertama. Meskipun perebutan angka berlangsung sengit di awal gim, selepas interval gim pertama 11-8, Apri/Fadia mampu mempertahankan performa mereka dengan tidak memberikan kesempatan bagi Lanny/Ribka untuk mengembangkan permainan.

Lanny/Ribka pun kesulitan untuk mengejar ketertinggalan mereka dari pasangan ganda putri peringkat sembilan dunia tersebut, hingga akhirnya Apri/Fadia membungkus kemenangan gim pertama dengan skor 21-13.

Di gim kedua, Lanny/Ribka tampil lebih solid dan konsisten, sehingga jalannya pertandingan pun menjadi berbalik kedudukan dari gim sebelumnya.

Apri/Fadia terlihat cukup banyak melakukan kesalahan sendiri yang membuat Lanny/Ribka mendapatkan poin-poin mudah. Pasangan peringkat 32 dunia itu pun kemudian memanfaatkan kesempatan itu dan semakin memperlebar jarak poin mereka dari Apri/Fadia. Mulai dari 11-4, 15-6, 18-8, hingga mereka memaksakan rubber game setelah memenangkan gim kedua 21-10.

Gim pamungkas pun berlangsung lebih seru. Kedua pasangan saling berebut poin sejak awal. Apri/Fadia sempat unggul di awal gim 10-5, tapi, Lanny/Ribka tak jatuh dalam tekanan dan merebut interval dengan skor ketat 11-10.

Sisa pertandingan pun kembali berlangsung sengit. Namun, Lanny/Ribka mampu mempertahankan keunggulan sementara hingga 16-12, sebelum akhirnya Apri/Fadia mengejar dan menyamakan kedudukan 16-16.

Beberapa kali papan skor menunjukkan angka sama. Matchpoint pertama diraih oleh Lanny/Ribka 20-18, dan Apri/Fadia menyamakan skor 20-20. Dengan kesabaran, akhirnya Lanny/Ribka membungkus kemenangan di semifinal 23-21 dan berhak maju ke babak final esok.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement