Senin 25 Mar 2024 20:22 WIB

Atasi Lonjakan Kasus DBD Pj Gubernur Bey Sebut Jabar Masif Berantas Sarang Nyamuk

Seluruh kepala daerah kabupaten/kota diminta lebih turun lagi ke lapangan.

Red: Arie Lukihardianti
Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin saat menggelar rapat di Gedung Sate
Foto: Dok Humas Pemprov Jabar
Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin saat menggelar rapat di Gedung Sate

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Jabar terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data, hingga (25/3) di Jabar terdapat 11.729 orang terkena DBD. Dari jumlah tersebut, sebanyak 105 orang meninggal dunia. Wilayah yang banyak terdampak, yakni Kabupaten Subang, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Bogor. 

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin mengatakan, dalam menurunkan wabah demam berdarah dengue, pihaknya akan lebih masif melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di kabupaten/kota se-Jabar. 

Baca Juga

"PSN akan lebih masif lagi dan 3M plus. Saya meminta kepada seluruh kepala daerah kabupaten/kota untuk lebih turun ke lapangan bersama-sama menyelesaikan gerakan ini," ujar Bey Machmudin saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (25/3/2024). 

Bey mengatakan, Pemprov Jabar telah menyiapkan alat NS-1, yakni pendeteksi pasien DBD secara cepat. "Disiapkan NS-1, alat yang dapat mengetahui secara cepat apakah seseorang itu DBD atau tidak," katanya. 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementeriaan Kesehatan Imran Pambudi mengatakan, Jabar menjadi yang utama dalam pencegahan DBD karena memiliki kepadatan penduduk yang tinggi. 

Pihaknya telah mengalokasikan beberapa logistik untuk Pemdaprov Jabar, yakni NS-1, larvasida (bubuk Abate), insektisida, dan lainnya. 

"Untuk Jabar menjadi yang utama, penduduk paling banyak dan risiko paling tinggi karena padat penduduk. Jadi memang kita harus mitigasi," kata Imran.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَاَنَّ لِلّٰهِ خُمُسَهٗ وَلِلرَّسُوْلِ وَلِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِ اِنْ كُنْتُمْ اٰمَنْتُمْ بِاللّٰهِ وَمَآ اَنْزَلْنَا عَلٰى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعٰنِۗ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Dan ketahuilah, sesungguhnya segala yang kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak yatim, orang miskin dan ibnu sabil, (demikian) jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu pada hari bertemunya dua pasukan. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

(QS. Al-Anfal ayat 41)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement