Rabu 27 Mar 2024 17:35 WIB

BTPN Akuisisi Perusahaan Pembiayaan OTO Group Senilai Rp 6,55 Triliun

Penyelesaian akuisisi ini merupakan sebuah pencapaian penting bagi OTO Group.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
President Director of PT Bank BTPN Tbk Henoch Munandar (kanan) dan President Director of PT Summit Oto Finance Victoria Rusna (kiri) dalam konferensi pers akuisisi BTPN terhadap OTO Group di Jakarta, Rabu (27/3/2024).
Foto: Republiika/Rahayu Subekti
President Director of PT Bank BTPN Tbk Henoch Munandar (kanan) dan President Director of PT Summit Oto Finance Victoria Rusna (kiri) dalam konferensi pers akuisisi BTPN terhadap OTO Group di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) resmi mengumumkan akuisisi terhadap dua perusahaan pembiayaan OTO Group yaitu PT Oto Multiartha (OTO) dan PT Summit Oto Finance (SOF) dengan transaksi senilai Rp 6,55 triliun. Kedua perusahaan tersebut merupakan perusahaan penyedia solusi keuangan yang komprehensif bagi masyarakat di Indonesia.

"Akuisisi Bank BTPN terhadap OTO Group menjadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam menyediakan portofolio bisnis yang semakin lengkap untuk melayani segmen nasabah lebih luas," kata Direktur Utama BTPN Henoch Munandar di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga

Dia menjelaskan, akuisisi tersebut akan memperkuat sinergi antara BTPN dan OTO Group dalam menangkap peluang pertumbuhan pasar pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua di Indonesia. Bergabungnya Bank BTPN sebagai pemegang saham baru merupakan sebuah langkah positif agar OTO Group dapat terus menghadirkan produk dan layanan pembiayaan yang semakin komprehensif dan semakin relevan bagi masyarakat.

Henoch mengungkapkan, bergabungnya OTO Group ke ekosistem Bank BTPN dapat mendorong inovasi produk dan layanan agar semakin relevan.

"Hal tersebut menurutnya memberikan nilai tambah dan mendorong terciptanya kehidupan yang lebih berarti bagi semua pemangku kepentingan, terutama para nasabah," ucap Henoch.

Dia mengharapkan integrasi OTO Group ke jaringan  BTPN dapat semakin melengkapi portofolio produk dan layanan Perseroan yang senantiasa relevan bagi nasabah. Sinergi tersebut juga diproyeksikan membuka berbagai peluang baru untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat Indonesia, khususnya di sektor pembiayaan kendaraan roda empat dan roda dua.

Dengan basis pelanggan yang tersebar luas, pemanfaatan infrastruktur dan jaringan distribusi dari kedua perusahaan. Henoch yakin BTPN dapat meningkatkan penetrasi pasar di segmen-segmen yang sebelumnya belum terjangkau.

"Kami percaya bahwa dengan potensi pasar yang ada serta fokus pada pelayanan berkualitas yang mengedepankan prinsip customer-first, maka Bank BTPN bersama dengan OTO Group dapat memperkuat kepercayaan nasabah dan mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” jelas Henoch.

Setelah penyelesaian akuisisi tersebut, Presiden Direktur SOF dan CEO OTO Group Victoria Rusna menjelaskan, komposisi kepemilikan saham OTO dan SOF berubah. BTPN sebesar 51 persen, PT Summit Auto Group yang merupakan anak perusahaan Sumitomo Corporation sebesar 34 persen, dan PT Sinar Mas Multiartha Tbk sebesar 15 persen.

"Penyelesaian akuisisi ini merupakan sebuah pencapaian penting bagi OTO Group selama hampir tiga dekade melayani masyarakat Indonesia," tutur Rusna.

Rusna menegaskan, sinergi dengan Bank BTPN akan memotivasi OTO Group untuk terus bertumbuh secara berkelanjutan menjadi penyedia solusi keuangan terpercaya bagi masyarakat. Selain itu juga dapat menciptakan ekosistem pembiayaan yang lebih luas jangkauannya kepada masyarakat, khususnya masyarakat daerah terpencil atau yang belum terjangkau layanan keuangan.

Kolaborasi Bank BTPN dan OTO Group akan mencakup beberapa lingkup yaitu pembiayaan bersama, perluasan ekosistem bagi kedua entitas melalui pemanfaatan masing-masing jaringan cabangnya di Indonesia, serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai program pelatihan bersama. Kolaborasi antara Bank BTPN dan OTO Group juga diharapkan akan dapat memperluas potensi basis pelanggan OTO Group, serta dapat meningkatkan kualitas kehidupan finansial masyarakat Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement