Kamis 28 Mar 2024 05:10 WIB

Dukungan untuk Peningkatan Inklusi Digital Pendidikan di SDN Karawang Terus Diberikan

Inisiatif ini adalah bagian dari upaya Peruri untuk mempromosikan inklusi digital.

Rep: Antara/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Peruri menyerahkan bantuan perangkat komputer kepada 10 (sepuluh) Sekolah Dasar Negeri di Karawang.
Foto: Dok. Bumn
Peruri menyerahkan bantuan perangkat komputer kepada 10 (sepuluh) Sekolah Dasar Negeri di Karawang.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG – Pada era di mana teknologi komunikasi tengah berkembang pesat saat ini, masyarakat Indonesia memiliki hak untuk mengakses sumber informasi melalui perangkat komputer tanpa batasan waktu dan jarak. Masifnya informasi yang beredar menjadi sumber untuk meningkatkan pengetahuan dan menambah keterampilan bagi yang membutuhkan. Guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan serta kesetaraan akses informasi, Peruri menyerahkan bantuan perangkat komputer kepada 10 (sepuluh) Sekolah Dasar Negeri di Karawang. 

Bantuan tersebut diserahkan oleh Penanggung Jawab Strategic Corporate Branding & Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Peruri, Dawam H. kepada Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang, Drs. Cecep Mulyawan yang didampingi oleh Kepala Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam Bappeda Karawang, Nanang Fakhrurazi di Aula Bappeda Karawang. 

Baca Juga

Inisiatif ini adalah bagian dari upaya Peruri untuk mempromosikan inklusi digital dalam sektor pendidikan dan menyediakan akses yang lebih luas bagi siswa sekolah dasar untuk menggunakan perangkat komputer serta meningkatkan kemampuan siswa. Program ini juga sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) nomor 4, yang bertujuan untuk mencapai pendidikan yang berkualitas.

“Tahun ini merupakan tahun ketiga Peruri menyelenggarakan program bantuan komputer di Karawang. Ini merupakan salah satu Program Prioritas Pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Dasar (SD). Tahun ini juga, kami fokuskan untuk satu sekolah tidak hanya komputer, tetapi mendapatkan fasilitas olahraga dan buku bacaan,” kata Dawam.

Cecep mengatakan, program bantuan komputer sangat dibutuhkan. Keberadaan komputer di sekolah dasar di Karawang dikatakan terbilang jarang. Cecep menyebut, ini merupakan bantuan yang harus dipelihara dengan baik. “Saya rasa ini merupakan inisiatif yang baik dari Peruri, saya harap program ini dapat menjadi langkah awal dari banyak inisiatif positif lainnya yang akan Peruri lakukan di masa mendatang,” kata Cecep.

Salah seorang perwakilan dari 10 sekolah dasar penerima bantuan menuturkan bahwa komputer menjadi peralatan yang penting untuk sekolah. Program ini nyatanya searah dengan kebutuhan sekolah.

“Bantuan komputer ini sangat penting di sekolah kami, karena sesuai dengan concern dalam mengembangkan siswa-siswi kami di era digital. Jadi, dengan bantuan ini semoga bermanfaat, semoga bisa memajukan sekolah, khususnya SD kami dan umumnya SD di Kabupaten Karawang,” ujar Kepala Sekolah SDN Tegalurung II Kecamatan Cilamaya Kulon.

Sejumlah sekolah dasar yang menerima bantuan ini berasal dari beberapa kecamatan di Karawang, yakni Kecamatan Ciampel, Kecamatan Batujaya, Kecamatan Cilebar, Kecamatan Pedes, Kecamatan Telagasari, Kecamatan Karawang Barat, serta Kecamatan Cilamaya Kulon.

Sebagai BUMN, Peruri berkomitmen untuk berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang berpengetahuan, membantu mengurangi kesenjangan digital dan memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang di era digital.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement