10 Fakta Menarik Ramadhan di Turki, Ada Apa Saja?

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 29 Mar 2024 21:50 WIB

Pesan teks  di masjid Yeni, atau Masjid baru (kiri) dibaca dalam bahasa Turki Selamat datang bulan rahmat, dan di masjid Hagia Sophia Tidak ada Tuhan selain Allah menjelang bulan suci umat Islam Ramadhan, di Istanbul, Turki, Ahad (10/3/2024). Foto: AP Pesan teks di masjid Yeni, atau Masjid baru (kiri) dibaca dalam bahasa Turki Selamat datang bulan rahmat, dan di masjid Hagia Sophia Tidak ada Tuhan selain Allah menjelang bulan suci umat Islam Ramadhan, di Istanbul, Turki, Ahad (10/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Ramadhan di Turki, seperti di banyak negara mayoritas Muslim lainnya, adalah waktu yang penting dan istimewa. Selama 30 hari, banyak yang akan memulai puasa sejak matahari terbit hingga terbenam.

Dilansir dari Daily Sabah pada Kamis (28/4/2024), berikut ini 10 fakta menarik tentang bulan Ramadhan di Turki.

Baca Juga

1. Meriam menembak untuk buka puasa

Di beberapa tempat di Turki, meriam secara tradisional ditembakkan untuk menandakan awal buka puasa. Di Istanbul misalnya, meriam dapat ditembakkan di Sultanahmet dalam upacara tradisional. Kebisingan bisa sangat mengejutkan bagi mereka yang tidak menyadari tradisi ini. Hati-hati, Anda mungkin mendengar ledakan besar menjelang matahari terbenam.

2. Drummer Ramadhan

Drummer ini, yang dikenal sebagai "sahur davulculari" berkeliaran di jalanan sebelum fajar. Mereka memukul drum untuk membangunkan orang-orang untuk sahur. Ini juga bisa mengejutkan mereka yang tidak terbiasa dengan tradisi ini, terutama menjelang akhir bulan puasa ketika mereka mungkin pergi dari pintu ke pintu untuk menerima tip.

3. Pide segar

Selama bulan suci Ramadhan, roti pipih khusus yang disebut sebagai "Ramazan pidesi" disiapkan oleh toko roti. Makanan ini favorit bagi sebagian besar orang Turki untuk berbuka puasa.

Kketika pide bulat besar keluar dari oven, antrean mungkin terbentuk di depan toko roti hanya untuk orang-orang yang ingin membeli pide ini. Pide merupakan bagian integral, jika tidak wajib, di setiap set meja selama Ramadhan.

Selanjutnya...

Terpopuler