Selasa 09 Apr 2024 03:45 WIB

Jokowi Bagi-Bagi Sembako, dari Mana Dananya?

Anggaran ini juga biasanya digunakan untuk penyediaan bantuan sosial lainnya.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ahmad Fikri Noor
Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) membagikan sembako dari Presiden Joko Widodo kepada warga di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (8/4/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) membagikan sembako dari Presiden Joko Widodo kepada warga di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (8/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan ribuan paket sembako kepada masyarakat yang melintas di sekitar Istana Merdeka Jakarta pada Senin (8/4/2024) sore. Sebelumnya Jokowi juga memberikan bantuan paket sembako di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (6/4/2024).

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, anggaran penyediaan paket sembako tersebut berasal dari dana operasional presiden. Anggaran ini juga biasanya digunakan untuk penyediaan bantuan sosial lainnya.

Baca Juga

"Dana dari operasional presiden. Ya, dana operasional presiden itu kan macam-macam antara lain bansos," kata Heru di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (8/4/2024).

Ia mencontohkan, saat Presiden berkunjung ke salah satu sekolah dan memberikan bantuan berupa sebuah mobil serta alat-alat laboratorium. Pemberian bantuan tersebut juga menggunakan dana operasional presiden.

"Jadi sembako ini bagian dari bantuan Bapak Presiden (Joko Widodo). Begitu juga tadi saya sampaikan ketika Covid memberikan makanan, ketika UMKM terkena langsung dampak Covid, Presiden per hari mengundang para UMKM kurang lebih 250 sampai 500 untuk diberikan bantuan Rp 1,2 juta. Jadi macam-macam," jelas Heru.

Termasuk saat hari raya Idul Adha, Presiden juga menyumbang hewan kurban ke berbagai daerah menggunakan anggaran dari dana operasional presiden.

"Nanti menjelang Idul Adha, Presiden memberikan sapi juga dana dari Bapak Presiden," kata Heru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement