Sabtu 13 Apr 2024 09:00 WIB

Empat Kandungan Penting Surah Al-Kahfi 

Al Kahfi merupakan surah dalam Alquran yang mengandung banyak inspirasi.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi mengaji surah al Kahfi.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi mengaji surah al Kahfi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surah Al-Kahfi merupakan salah satu surat yang memiliki 4 kisah luar biasa yang mengandung hikmah dan pelajaran yang bisa diambil oleh umat Muslim. Keempat kisah tersebut adalah kisah Ashabul Kahfi (Pemuda di Gua), kisah Nabi Musa alaihissalam dan Khidir, kisah seorang pemilik dua kebun, dan kisah Dzulqarnain.

Pertama, kisah ashabul kahfi atau para penghuni gua

Para pemuda yang disebutkan dalam Surat Al-Kahfi melarikan diri dan mencari perlindungan di dalam gua untuk menyelamatkan diri dari kezaliman dan penindasan yang dilakukan oleh penguasa yang zalim pada masa itu. Mereka memilih untuk meninggalkan kenyamanan dan kemewahan duniawi demi mempertahankan iman dan keyakinan mereka.

Baca Juga

Dalam gua tersebut, mereka mempersembahkan diri sepenuhnya kepada Allah, bertawakal kepada-Nya, dan memohon perlindungan serta petunjuk-Nya. Meskipun terjebak dalam situasi yang sulit dan dihadapkan pada keberanian, para pemuda tetap teguh dalam iman dan tidak mengorbankan prinsip-prinsip kebenaran.

Allah SWT menjaga dan melindungi mereka, dengan menggantikan mereka tidur selama ratusan tahun sehingga mereka tidak tersentuh oleh masa dan perubahan yang terjadi di dunia luar. Hal ini menunjukkan bahwa Allah senantiasa memperhatikan dan memberikan perlindungan kepada hamba-hamba-Nya yang setia dan bertakwa.