Senin 22 Apr 2024 13:10 WIB

Halal Bihalal Pesantren Nuu Waar, Ustadz Fadzlan Garamatan: Momen Tingkatkan Kualitas Sant

Santri-santri Nuu Waar AFKN sebagai besar berasal dari kawasan timur Indonesia.

Red: Agung Sasongko
Pimpinan Pesantren Nuu Waar AFKN KH MZ Fadzlan R Garamatan
Foto: istimewa
Pimpinan Pesantren Nuu Waar AFKN KH MZ Fadzlan R Garamatan

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI--Pondok Pesantren Nuu Waar Al Fatih Kaaffah Nusantara (AFKN) Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar halal bihalal Idulfitri 1445 Hijriah, Ahad (21/4/2024). Kegiatan ini dihadiri ratusan santri dan tamu undangan.

Pimpinan Pesantren Nuu Waar AFKN KH MZ Fadzlan R Garamatan mengatakan meski halal bihalal tidak dikenal dalam budaya Islam, tetapi sejatinya memiliki banyak manfaat. "Halal bihalal ini menjadi muatan lokal. Sebagai kearifan lokal, sebagian besar bangsa Indonesia melakukan halal bihalal sebagai wujud silaturahmi setelah Ramadhan," ungkap Kiai Fadzlan ketika menyampaikan tausyiah.

Baca Juga

Halal bihalal ini, jelas Kiai Fadzlan, menjadi tradisi Pesantren Nuu Waar AFKN dari tahun ke tahun. "Santri yang tidak pulang kampung, bersilaturahmi melalui halal bihalal. Secara tidak langsung kita sedang memenuhi pesan Nabi untuk bersilaturahmi," jelas ulama asal Fakfak, Papua Barat ini.

Menurut Kiai Fadzlan, halal bihalal juga sebagai sarana memperbaiki kualitas diri selepas Ramadhan. Terus konsisten meningkatkan ibadah kepada Allah merupakan indikator kesuksesan Ramadhan.

"Sebagai khalifah fil ardh, manusia tidak boleh semau dirinya berbuat. Kita harus berpegang teguh Alquran. Selepas Ramadhan, para santri harus meningkatkan kualitas diri," ujar Kiai Fadzlan.

Untuk diketahui, santri-santri Nuu Waar AFKN sebagai besar berasal dari kawasan timur Indonesia. Mereka mendapat beasiswa penuh belajar hingga lulus di Pesantren Nuu Waar AFKN.

Karena jarak yang jauh, para santri memilih tidak pulang kampung saat Idulfitri. Sehingga halal bihalal di Pesantren Nuu Waar menjadi perhelatan untuk saling silaturahmi, pelepas kerinduan kampung halaman, dan menambah ilmu selepas Ramadhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement