Rabu 01 May 2024 23:26 WIB

Pemdes Prambatan Lor di Kudus Berupaya Perkuat Pengolahan Sampah

Pemdes Prambatan Lor mengharapkan penambahan alat pengolah sampah.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Proses pemilahan sampah di tempat pengolahan sampah.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
(ILUSTRASI) Proses pemilahan sampah di tempat pengolahan sampah.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS — Pemerintah Desa (Pemdes) Prambatan Lor di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berupaya menguatkan upaya pengolahan sampah secara mandiri. Pengolahan sampah di lingkungan desa ini diharapkan dapat mendukung langkah pemerintah kabupaten (pemkab) dalam meminimalkan volume sampah yang diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA).

“Saat ini, kami sudah memiliki mesin pemilah sampah, serta mesin pencacah sampah plastik berkapasitas enam ton per jam,” kata Kepala Desa Prambatan Lor, Teguh Budi Handoyo, Selasa (30/4/2024). 

Baca Juga

Teguh mengatakan, pihaknya berupaya menambah peralatan atau mesin lainnya dalam upaya mengolah sampah. Seperti mesin pengepres sampah plastik, serta mesin pembuat pelet untuk pakan ternak dari hasil pengolahan sampah organik.

Karena keterbatasan anggaran, menurut Teguh, pihaknya berencana mengajukan bantuan keuangan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus untuk pengadaan mesin pembuat pelet tersebut, yang harganya berkisar Rp 205 juta. Sedangkan mesin pres dimungkinkan lebih murah.

Dengan dukungan dua jenis mesin tersebut, Teguh optimistis desanya dapat lebih mandiri dalam pengelolaan sampah, sehingga juga dapat mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement