Senin 06 May 2024 15:16 WIB

Israel Mulai Evakuasi Rafah, Siapkan Serangan?

Lebih dari sejuta orang terancam serangan Israel ke Gaza.

Red: Fitriyan Zamzami
Sebuah kamp untuk pengungsi Palestina yang melarikan diri dari Rafah dan Jalur Gaza utara terlihat di sebelah barat Deir Al Balah, Jalur Gaza selatan 23 April 2024.
Foto: EPA-EFE/MOHAMMED SABER
Sebuah kamp untuk pengungsi Palestina yang melarikan diri dari Rafah dan Jalur Gaza utara terlihat di sebelah barat Deir Al Balah, Jalur Gaza selatan 23 April 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Militer Israel mengatakan pihaknya mengumumkan evakuasi paksa sekitar 100.000 orang dari bagian timur Rafah. Aksi ini dikhawatirkan sebagai awal dari rencana serangan brutal yang akan berdampak bencana pada wilayah padat tersebut. 

Letkol Nadav Shoshani, juru bicara militer Israel, mengatakan sekitar 100.000 orang diperintahkan untuk pindah ke “zona kemanusiaan” terdekat yang dinyatakan Israel yang disebut al-Mawasi.

Baca Juga

Dia mengatakan Israel sedang mempersiapkan “operasi terbatas” dan tidak akan mengatakan apakah ini merupakan awal dari invasi yang lebih luas ke kota tersebut. Namun pada Oktober lalu, Israel tidak secara resmi mengumumkan peluncuran invasi darat yang berlanjut hingga saat ini.

Shoshani mengatakan Israel menerbitkan peta daerah evakuasi, dan perintah dikeluarkan melalui selebaran yang dijatuhkan dari langit, pesan teks, dan siaran radio. Dia menegklaim Israel telah memperluas bantuan kemanusiaan ke al-Mawasi, termasuk rumah sakit lapangan, tenda, makanan dan air.

Perintah evakuasi ini menyusul kegagalan perundingan gencatan senjata di Kairo, dan desakan perdana menteri Israel untuk memperluas invasi darat ke kota Rafah.

Hal ini juga terjadi setelah serangan Hamas terhadap penyeberangan Karem Abu Salem, dan respons intens Israel, di mana mereka melakukan 11 serangan udara, yang menargetkan wilayah di bagian timur kota Rafah dan menewaskan puluhan warga Gaza.

Menurut Aljazirah, zona evakuasi al-Mawasi sebelumnya telah ditetapkan oleh militer Israel sebagai zona aman. Namun di lapangan, kenyataannya berbeda. Semua zona evakuasi yang ditetapkan oleh militer Israel belum aman bagi keluarga pengungsi. Faktanya, daerah-daerah ini terus-menerus diserang, baik di bagian barat Khan Younis atau di sini di Rafah, tempat 1,5 juta orang mengungsi.

Dalam beberapa hari terakhir, masyarakat mulai bergerak atas kemauan mereka sendiri, karena kurangnya kemajuan dalam perundingan gencatan senjata. Mereka sudah mulai mengemasi barang-barang mereka dan mulai bergerak, namun belum tentu ke zona evakuasi, karena ketidakpercayaan mereka terhadap narasi Israel.

Rafah, yang berpenduduk sekitar 270.000 jiwa sebelum perang di Gaza dimulai pada 7 Oktober, kini menjadi tuan rumah bagi mayoritas penduduk Gaza yang berjumlah 2,3 juta jiwa sebelum perang.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan lebih dari 1,2 juta orang berlindung di kota yang terletak di ujung paling selatan Gaza, di perbatasan dengan Mesir.

Doctors Without Borders memperkirakan lebih dari 1,5 juta orang saat ini terjebak di Rafah, setelah melarikan diri dari wilayah utara dan tengah wilayah tersebut di tengah operasi darat dan serangan udara Israel.

Tentara Israel meminta orang-orang di wilayah tertentu di timur Rafah untuk secara bertahap pindah ke “wilayah kemanusiaan” yang ditunjuk yang terletak di barat daya wilayah kantong tersebut.

Juru bicara badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), Jonathan Fowler, pada hari Senin berbicara kepada Aljazirah dari Yerusalem Timur mengenai perintah evakuasi Israel di Rafah menjelang rencana serangan darat. 

“Kita berada dalam situasi di mana serangan besar-besaran pasukan Israel di Rafah akan mengakibatkan lebih banyak penderitaan dan kematian.

“Konsekuensinya akan sangat buruk bagi populasi Rafah yang enam kali lipat populasi sebelum perang – setengah dari 1,4 juta penduduknya adalah anak-anak. Sebagian besar dari orang-orang ini telah mengungsi berkali-kali. Tantangannya tidak dapat diatasi pada tahap ini.

photo
Terpenjara di Gaza - (Republika)

“Tidak ada tempat yang aman di Jalur Gaza, orang-orang terus menerus mengungsi. Bahkan rencana darurat pun tidak memberikan banyak hiburan. Dampak dari serangan semacam itu akan menjadi bencana besar.”

Samah Hadid, juru bicara Dewan Pengungsi Norwegia, mengatakan perintah evakuasi Israel “benar-benar bermasalah, tidak manusiawi dan tidak aman”.

“Al-Mawasi tempat orang-orang diperintahkan untuk mengungsi tidak dilengkapi untuk menampung” lebih banyak pengungsi internal karena sudah menampung ratusan ribu warga Palestina, Hadid mengatakan kepada Aljazirah. “Mereka tidak memiliki cukup bantuan dan layanan kemanusiaan untuk mendukung tambahan populasi pengungsi,” katanya.

Hadid menyebut perintah evakuasi tersebut sebagai “awal dari skenario mimpi buruk bagi masyarakat Rafah yang telah ketakutan selama berbulan-bulan atas apa yang akan terjadi”. Dia mengatakan lembaga-lembaga bantuan “juga ketakutan” karena serangan di Rafah akan menyebabkan gagalnya penyaluran bantuan. “Mereka sangat bergantung pada pusat Rafah untuk mendistribusikan bantuan guna mengatur bantuan di seluruh wilayah tersebut,” tambah Hadid.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement