Selasa 21 May 2024 12:28 WIB

Investasi Emas Kian Mudah di BRImo, Bisa Mulai dari Rp 10 Ribu

Harga jual beli emas di BRImo juga cukup kompetitif.

Red: Nora Azizah
BRI menghadirkan solusi investasi emas yang mudah melalui Tabungan Emas di aplikasi BRImo.
Foto: dok BRI
BRI menghadirkan solusi investasi emas yang mudah melalui Tabungan Emas di aplikasi BRImo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Investasi dengan iming-iming keuntungan besar dalam waktu singkat sekilas memang menggiurkan. Akan tetapi, ketidakpastian ekonomi global bisa membuat nilai investasi anjlok sehingga kamu justru harus menanggung kerugian.

Mempertimbangkan untuk investasi dengan ketahanan nilai yang kuat seperti emas. Harga emas relatif selalu naik setiap tahunnya. Investasi emas cocok untuk mempertahankan nilai uang jika kamu ingin menyimpannya dalam waktu lama. Bahkan di saat krisis ekonomi, nilai emas cenderung stabil.

Baca Juga

"Emas harganya akan naik serta cepat dikonversikan ke uang. Saat suku bunga naik, harga penjualan emas turun, hal itulah yang mendorong masyarakat mengalihkan kepemilikan asetnya menjadi emas,” ujar Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Rossanto Dwi Handoyo, dalam keterangan tertulis, Selasa (21/5/2024).

Perbedaan Investasi Emas Tabungan dan Perhiasan Emas

1. Tujuan

Tabungan emas memiliki untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga emas dalam jangka panjang. Emas yang dibeli disimpan dan hanya akan digunakan saat kamu ingin menjualnya kembali.

Sementara itu, perhiasan emas memiliki tujuan utama untuk dipakai sebagai aksesori dan mempercantik diri. Nilai investasi menjadi pertimbangan sekunder.

2. Likuiditas

Tabungan emas lebih gampang dicairkan dan dijual kembali kapanpun kamu membutuhkannya. Karena itu, kamu bisa menjadikannya sebagai dana darurat saat kondisi finansial kamu kurang baik.

Akan tetapi, perhiasan emas mungkin lebih sulit dijual kembali. Apalagi, jika perhiasan emasmu memiliki desain yang tidak trendi dan dinilai usang.

3. Keuntungan

Tabungan emas memiliki potensi keuntungan lebih tinggi. Sebab, kamu mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga emas murni yang dijamin kadar emasnya 99.9 persen atau 24 karat.

Untuk perhiasan emas, potensi keuntungannya lebih rendah. Perhiasan emas umumnya memiliki kadar emas 75 persen. Walaupun kamu mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga emas global, kamu juga dibebani dengan biaya tambahan saat menjual perhiasan emas.

 

4. Keamanan

Tabungan Emas sangat aman karena emas fisik kamu disimpan 100 persen  di Pegadaian, jadi kamu tidak perlu khawatir emasmu akan hilang atau rusak.

 

Lain halnya dengan perhiasan emas memiliki resiko hilang atau rusak karena pemakaian sehari-hari. Terlebih lagi jika aktivitas kamu padat sehari-hari, dan kamu belum punya banyak waktu untuk merawat dan menyimpan perhiasan emas kamu secara apik.

Dengan melihat perbedaan di atas, tabungan emas jelas lebih cocok untuk kamu yang ingin berinvestasi emas dalam jangka panjang dengan biaya yang lebih rendah dan potensi keuntungan yang lebih tinggi.

Sementara, perhiasan emas lebih cocok buat kamu yang ingin memiliki emas untuk dipakai sebagai aksesori dan mempercantik diri, dengan nilai investasi sebagai pertimbangan sekunder.

 

Investasi tabungan emas BRImo

BRI menghadirkan solusi investasi emas yang mudah melalui Tabungan Emas di aplikasi BRImo. Fitur ini hasil kolaborasi dengan Pegadaian, memberikan kemudahan bagi nasabah untuk berinvestasi emas.

Keamanan investasi terjamin, karena Tabungan Emas diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan fisik emas disimpan di Pegadaian.

Fitur Emas di BRImo memudahkan untuk berinvestasi dengan aman dan mudah. Fitur ini memiliki banyak manfaat yang sayang untuk dilewatkan, seperti membantu nasabah untuk berinvestasi emas secara digital dengan mudah dan aman melalui BRImo, monitoring harga beli dan harga jual emas secara real time, edukasi mengenai investasi emas.

Selain bermanfaat, investasi tabungan emas dengan menggunakan Fitur Emas di BRImo juga memiliki kelebihannya tersendiri. Keunggulannya, yakni terjangkau mulai dari Rp10.000, harga jual beli emas yang kompetitif, aman untuk investasi karena fisik emas dijamin 100 persen di Pegadaian dan transaksi dilindungi OJK.

 

Cara buka tabungan emas di BRImo

- Buka BRImo, Pilih fitur Investasi

- Buka Tabungan Emas, Isi Data Diri, Data Alamat, Data Pekerjaan

- Input Nominal Setoran Awal, pengisian autodebet, dan pilih kantor Pegadaian

- Konfirmasi pembukaan Tabungan Emas lalu Setujui

- Input PIN

- Menerima Receipt Tabungan Emas yang berhasil kamu buat

 

Cara beli emas di BRImo

- Buka BRImo, Pilih Beli Emas

- Input Nominal Pembelian dalam Rupiah atau Gram

- Konfirmasi pembelian Emas

- Input PIN

- Pembelian Emas Berhasil

 

Cara jual emas di BRImo

- Buka BRImo, Pilih Jual Emas

- Input Nominal dalam Rupiah atau Gram

- Konfirmasi pembelian Emas

- Input PIN

- Menerima Receipt Penjualan Emas Berhasil

 

Dengan berbagai manfaat dan kelebihannya, nabung emas di BRImo menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin memulai investasi emas atau ingin memperbanyak investasi kamu dengan risiko minim.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

  • 1 kali
  • 2 kali
  • 3 kali
  • 4 kali
  • Lebih dari 5 kali
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement