Kamis 23 May 2024 13:42 WIB

Terkenal Nikmat, Kopi Indonesia Diburu Banyak Orang di Australia

Indonesia promosikan kopi Nusantara pada MICE 2024 di Australia.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi pameran kopi.
Foto: ANTARA/Arif Firmansyah
Ilustrasi pameran kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia mempromosikan kopi Nusantara dalam Melbourne International Coffee Expo (MICE) 2024 yang berlangsung pada 12-14 Mei di Melbourne, Australia.

Duta Besar RI untuk Australia Siswo Pramono dalam rilis dari Konsulat Jenderal RI Melbourne pada Jumat mengatakan paviliun Indonesia merupakan tempat terbaik untuk menunjukkan cita rasa kopi Nusantara kepada publik Australia.

Baca Juga

"Tahun ini spesial karena kita juga memperkenalkan kopi dari negara-negara Melanesian Spearhead Group (MSG) dalam paviliun Indonesia. Upaya ini bentuk komitmen Indonesia sebagai bagian dari komunitas Melanesia di Pasifik," kata dia.

Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Victoria dan Tasmania, Kuncoro Waseso, mengatakan bahwa sebagai negara bertetangga, Indonesia dan Australia memiliki kemiripan, yaitu budaya minum kopi yang kuat.

"Kopi tidak saja penting dari segi komersial, namun juga bagi relasi sosial budaya kedua negara, sehingga dapat menjadi jembatan penghubung dalam mendekatkan masyarakat kedua negara dan juga meningkatkan hubungan ekonomi bilateral," kata Waseso.

Hal tersebut, kata dia, terbantu dengan adanya Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA).

Pada pameran tersebut, stan Indonesia menghadirkan para pelaku bisnis kopi unggulan dari berbagai daerah, yang menunjukkan kekayaan kopi Indonesia.

Stan Indonesia juga menampilkan produk inovasi bioplastik berbasis rumput laut seperti cangkir, mangkuk, piring, dan sedotan yang dikembangkan Ijo Inovasi Indonesia.

Dalam pameran itu, ditandatangani letter of intent (LOI) antara ASLAN Coffee Roasters dan Ariga Coffee untuk mendukung promosi kopi produksi UMKM Indonesia.

Kehadiran kopi Indonesia di MICE 2024 merupakan kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan, di antaranya KJRI Melbourne, KBRI Canberra, dan Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) Sydney.

Direktur ITPC Sydney, Christhophorus Barutu, berharap keikutsertaan Indonesia di ajang MICE 2024 dapat memperkuat posisi sebagai salah satu produsen kopi terkemuka dunia.

"Kesepakatan bisnis yang terjalin hari ini mencerminkan keberhasilan Indonesia dalam memperkenalkan kopi Indonesia di pasar Australia," imbuh Barutu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement