Jumat 24 May 2024 11:15 WIB

In Picture: Merekahnya Bulan Purnama Bunga Dibelahan Dunia

Bulan Bunga diambil dari nama banyaknya bunga yang mekar selama bulan mei.

Red: Tahta Aidilla

Bulan purnama terbit di atas patung perunggu berlapis emas berbentuk elang berkepala dua, lambang negara Rusia, yang dipasang di atas Menara Telegraf Museum State Hermitage di St. Petersburg, Rusia, Kamis malam, (23/5/2024). (FOTO : AP)

Bulan purnama bunga terbit di atas kapal yang berlabuh di luar pelabuhan, saat seorang pria, dalam siluet, sedang memancing dengan pancingnya di kota pesisir selatan Larnaca, di pulau Siprus di Mediterania timur, Kamis, (23/5/2024). (FOTO : AP)

Bulan purnama bunga muncul di belakang kapal yang berlabuh di luar pelabuhan, di kota pesisir selatan Larnaca, di pulau Siprus di Mediterania timur, Kamis, (23/5/2024). (FOTO : AP)

Bulan purnama terbit di atas monumen berkuda perunggu Tsar Nicholas I Rusia, di St. Petersburg, Rusia, Jumat dini hari, (24/5/2024). (FOTO : AP)

Bulan bunga terbit di belakang kuil kuno Poseidon di Tanjung Sounion, sekitar 70 kilometer (45 mil) selatan Athena, Yunani, pada Kamis, (23/5/2024). (FOTO : AP)

inline

REPUBLIKA.CO.ID,  EROPA. --  Bulan purnama bunga muncul di belahan dunia Kamis, (23/5/2024).

Bulan purnama bulan Mei, yang dikenal sebagai Bulan Bunga, akan berada pada puncaknya malam ini (Kamis, 23 Mei), dan bersinar dekat dengan bintang terang Antares. Bulan juga akan tampak cerah dan penuh pada hari Jumat.

Bulan purnama di bulan Mei disebut Bulan Bunga, diambil dari nama banyaknya bunga yang mekar selama bulan ini di Belahan Bumi Utara, menurut Timeanddate.com. Nama lain bulan purnama di bulan Mei antara lain Milk Moon, Mothers' Moon, Bright Moon, Hare Moon, dan Grass Moon. Banyak penduduk asli Anishinaabe, atau Ojibwe, di wilayah Great Lakes mengenalnya sebagai Nimebine Giizis, menurut Pusat Studi Penduduk Asli Amerika.

Karena bulan purnama pada pukul 09:53 EDT pada tanggal 23 Mei, tidak ada waktu yang ideal di bulan ini untuk menyaksikan bulan purnama terbit di langit senja.

sumber : AP Photo
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement