Sabtu 25 May 2024 23:08 WIB

9 Pilar Cahaya Misterius Muncul di Langit Jepang, Fenomena Apa Itu?

Fenomena ini rupanya disebut sebagai isaribi kochu.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Fenomena langit misterius berupa 9 pilar cahaya muncul di Jepang.
Foto: Dok. X/@alilmoonn
Fenomena langit misterius berupa 9 pilar cahaya muncul di Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO — Pada awal bulan ini, foto menakjubkan yang menunjukkan sembilan garis atau pilar cahaya di langit malam Jepang menjadi viral. Foto-foto tersebut diambil di atas langit kota pesisir Daisen di prefektur Tottori, Jepang.

Dilansir Somoy News TV pada Jumat (24/5/2024), alam sering kali penuh dengan kejadian magis yang membuat seseorang percaya pada hal supernatural atau makhluk luar angkasa. Orang yang mengambil foto pertama, Maashii mengatakan kepada situs Jepang Hint-Pot bahwa dia hanya melihat fenomena mistis ini tiga atau empat kali, sejak pindah ke Daisen sembilan tahun lalu. Ketika dia melihat mereka pada pukul 22.00 waktu setempat tanggal 11 Mei 2024, dia segera mengeluarkan ponselnya dan mengambil beberapa gambar, seperti dilaporkan News 18.

Baca Juga

Ketika foto-foto ini mendapatkan ribuan likes dan mulai beredar di platform media sosial, ada banyak orang berspekulasi bahwa cahaya tersebut adalah tanda-tanda alien, penampakan malaikat, atau sinyal bahwa kekuatan luar bumi mungkin akan menyerang Bumi. Banyak orang juga bercanda bahwa tampaknya beberapa serial manga fiksi ilmiah akan menjadi kenyataan.

Namun, kenyataan di balik cahaya ini tidak kalah menakjubkan dengan teori konspirasi. Menurut artikel tahun 2015 di Japan Today, ada banyak kota pesisir di Jepang yang mengalami kemunculan “pilar cahaya” serupa. Hal ini terjadi ketika suhu pada malam hari turun dan uap air di udara membentuk garis kristal es.