Rabu 05 Jun 2024 05:58 WIB

Viral Abuya Ghufron Berdalil dengan Bahasa Arab Oplosan, Setelah Ramai Syaiful Karim

Abuya Ghufron Al-Bantani dikenal sebagai tokoh tarekat

Red: Nashih Nashrullah
Ghufron Al-Bantani. Abuya Ghufron Al-Bantani dikenal sebagai tokoh tarekat
Foto: Dok Istimewa
Ghufron Al-Bantani. Abuya Ghufron Al-Bantani dikenal sebagai tokoh tarekat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Publik Indonesia kembali dibuat geger dengan kontroversi tokoh di media sosial. Sebelumnya, tentu kita masih ingat dengan Ustadz Syaiful Karim yang memicu kontroversi. 

Sebagai pengingat, Syaiful Karim pernah menafsirkan surat Al-Qari'ah. Dalam ceramahnya, Syaiful memaknai arti ayat dalam surat Al-Qari'ah. Menurut dia, seharusnya Al-Qari'ah itu artinya adalah pembaca perempuan, bukan bermakna Hari Kiamat.

Baca Juga

"Sayang sekali surat Al-Qari'ah selama ini diterjemahkan Hari Kiamat, saya juga bingung. Kok Al-Qari'ah hari kiamat, padahal Qari' itu adalah pembaca laki-laki. Qari'ah pembaca perempuan. Pakai alif lam itu kata benda menjelaskan bahwa Al-Qariah itu si pembaca. Jadi Al-Qari'ah itu artinya pembaca," jelas Syaiful dikutip dari video viral itu.

Kini, muncul Abuya Ghufron Al-Bantani. Dalam potongan video yang beredar viral di media sosial, Abuya Ghufron Al-Bantani membantah tuduhan yang menyebut dirinya tidak pernah menulis kitab berbahasa Arab yang jumlahnya mencapai ratusan.