Jumat 23 Nov 2018 11:28 WIB

Pernikahan Agung Muhammad dan Khadijah

Selama berumah tangga dengan Khadijah, Rasulullah tidak memiliki istri lain.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Karta Raharja Ucu
Rasulullah
Foto: Pixabay
Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, Allah SWT melindungi Nabi Muhammad shalallahu alahi wassalam dari kejahatan dan kotoran-kotoran jahiliyah. Sehingga, akhlak Rasulullah terjaga dengan baik dari perbuatan-perbuatan buruk yang sering terjadi di Makkah. Saat itu, penduduk Makkah menyembah patung, laki-laki dan perempuan yang bukan suami istri sering pergi berduaan, orang-orang melakukan tawaf tanpa busana, pesta mabuk-mabukan setiap malam, dan keburukan lainnya.

Keinginan Muhammad di kala remaja untuk melihat sebuah pesta perkawinan di kota Makkah pun selalu dicegah oleh Allah. Muhammad selalu dibuat tidur. Akhlak Muhammad yang demikian baik selagi muda membuatnya disayang dan dipercaya semua orang. Hingga dia terkenal dengan julukan Al Amin, artinya yang dipercaya.

Ketika usianya sudah matang, Muhammad dilamar saudagar kaya di Kota Makkah. Khadijah binti Khuwailid, sosok wanita cantik dan anggun yang terpukau dengan akhlaq Muhammad sehingga melamarnya.

Khadijah radhiyallahu anha adalah seorang pengusaha yang kaya. Namun dengan harta yang dimilikinya, ia membantu orang miskin, janda, anak-anak yatim dan orang tak mampu secara fisik. Khadijah adalah sosok yang lembut dan ramah. Dia juga mau menerima saran orang lain dan menganggap bawahannya sebagai rekan kerja yang pantas dihormati.