Rabu 05 Jun 2024 18:56 WIB

Skandal Kecurangan Pengujian Banyak Menimpa Produsen Otomotif Jepang, Ini Penyebabnya

Kementerian sedang mempertimbangkan untuk memberikan sanksi.

Red: Firkah fansuri
Para pengunjung memadati Japan Mobility Show di Tokyo, Jepang Oktober 2023. Skandal baru menimpa lima perusahaan otomotif Jepang.
Foto: REPUBLIKA/FIRKAH FANSURI
Para pengunjung memadati Japan Mobility Show di Tokyo, Jepang Oktober 2023. Skandal baru menimpa lima perusahaan otomotif Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID,Skandal terbaru dalam industri otomotif Jepang telah menjelaskan terlalu percaya diri produsen otomotif negara itu, termasuk Toyota Motor dalam pengujian internal, dan ini menggambarkan pengabaian standar pemerintah.

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang, Senin (3/6/2024), mengatakan Toyota, Mazda Motor, Honda Motor, Suzuki Motor, dan pembuat sepeda motor Yamaha Motor telah mengakui adanya penyimpangan dalam pengujian. Pengiriman enam model pun telah dihentikan.

Baca Juga

Lima staf kementerian memasuki kantor pusat Toyota pada Selasa (4/6/2024) pagi untuk memeriksa dokumen dan data di server perusahaan.

"Saya berpikir, 'Lebih banyak pelanggaran lagi,'" kata seorang eksekutif di pemasok suku cadang Toyota hari itu. "Kontrol kualitas adalah penyelamat kami, jadi mengapa hal ini bisa terjadi?"

Perkembangan ini mengikuti penyimpangan pengujian yang ditemukan di grup perusahaan Toyota seperti Daihatsu Motor dan Toyota Industries, serta di kompetitor.

Dalam skandal terbaru ini, Toyota mengatakan sejauh ini telah mengidentifikasi enam contoh pengujian yang tidak tepat pada tujuh model.

Dengan Lexus RX, Toyota pada tahun 2015 menyesuaikan sistem kendali mesin ketika model tersebut tidak dapat mencapai output yang ditargetkan pada pengujian awal. Data dari pengujian yang disesuaikan kemudian digunakan saat mengajukan sertifikasi model, yang diwajibkan oleh pemerintah Jepang untuk produksi massal.

Investigasi selanjutnya mengungkapkan bahwa pengujian awal gagal karena sebagian knalpot uji runtuh, yang berarti bahwa Toyota pada dasarnya telah menyerahkan data palsu untuk sertifikasi.

Dalam tiga contoh, Toyota menggunakan data dari pengujian yang dijalankan selama proses pengembangan. Tes-tes ini diadakan dalam kondisi yang lebih ketat daripada yang disyaratkan oleh kementerian, menurut produsen mobil tersebut.

Misalnya, kantung udara seharusnya mengembang secara otomatis selama uji keselamatan. Toyota belum menyelesaikan sistemnya pada saat pengujian, jadi Toyota menggunakan pengatur waktu untuk menerapkannya.

Daihatsu juga mendapat kecaman atas pemasangan kantung udara yang tidak tepat waktu dalam skandal sebelumnya.

Toyota memutuskan bahwa menunda penerapan dengan menggunakan pengatur waktu akan lebih baik dalam menguji keamanan sabuk pengamannya, yang merupakan fokus utama dari pengujian tersebut. Namun, data yang dihasilkan belum memenuhi standar pemerintah.

Temuan baru ini memberikan pukulan berat terhadap reputasi Toyota dalam hal kualitas. Lexus dinobatkan sebagai merek mewah paling terpercaya oleh Kelley Blue Book yang berbasis di AS selama sembilan tahun berturut-turut pada tahun 2024. Mobil Toyota juga memiliki nilai jual kembali yang tinggi berkat ketahanannya.

“Para insinyur bangga mengembangkan dan menguji kendaraan "di bawah kondisi yang sangat ketat" namun mereka kurang memiliki kesadaran mengenai proses sertifikasi,” kata Shinji Miyamoto, seorang eksekutif yang bertanggung jawab atas kualitas, pada konferensi pers Senin.

“Saya rasa tidak mungkin menghilangkan penyimpangan sama sekali,” kata Chairman Toyota Akio Toyoda.

“Tetapi ketika kesalahan ini terjadi, yang perlu kita lakukan adalah menghentikan apa yang kita lakukan dan memperbaikinya,” katanya.

Toyota mengizinkan karyawannya melaporkan pelanggaran secara anonim melalui "Speak Up Line". Namun skandal terbaru ini terungkap bukan oleh pelapor internal, namun melalui penyelidikan yang dilakukan sebagai tanggapan atas permintaan kementerian.

"Ungkapan yang terlintas dalam pikiran adalah, 'Anda juga, Brutus?'" kata Toyoda, seraya menambahkan bahwa "Toyota bukanlah perusahaan yang sempurna."

Sertifikasi ada untuk menjamin keselamatan mobil, mengingat betapa berbahayanya kecelakaan mobil, dan disertai dengan persyaratan pengujian yang terperinci. Produsen mobil dapat berkonsultasi dengan pihak berwenang untuk memperbarui cara pengujian dilakukan jika mereka yakin bahwa hal tersebut akan meningkatkan standar keselamatan.

Toyoda juga mengatakan bahwa Toyota melakukan pengujian dalam kondisi yang lebih ketat. “Itu bukan topik yang saya bahas hari ini, tapi saya berharap akan ada perdebatan mengenai sistem secara keseluruhan,” ujarnya.

Namun, “uji keselamatan saling berhubungan, jadi tidak ada yang bisa diperketat,” kata seorang pejabat kementerian transportasi.

“Jika mereka tidak menyadari bahwa mereka perlu mematuhi prosedur pengujian, maka pelatihan kepatuhan mereka kurang,” kata pejabat tersebut. “Jika mereka sadar, maka mereka dengan sengaja dan jahat melanggar aturan.”

Kementerian akan melanjutkan inspeksi ke kantor pusat Toyota Rabu, menganalisis dokumen dan mewawancarai orang-orang yang terlibat sembari mempertimbangkan hukuman bagi produsen mobil tersebut.

Menanggapi penyimpangan di Daihatsu dan Toyota Industries, kementerian memerintahkan unit Toyota untuk meningkatkan praktik bisnis mereka dan membatalkan sertifikasi untuk model tertentu.

Profesor Universitas Metropolitan Tokyo, Ken Shiraishi, yang merupakan pakar masalah kepatuhan, mengatakan penting untuk mengidentifikasi penyebab skandal terbaru dan membuat rencana perbaikan.

“Staf mungkin terlibat dalam pelanggaran bahkan ketika mereka melihat produsen mobil lain mendapat kecaman karena budaya di mana mereka merasa tidak aman untuk berkonsultasi dengan atasan mereka,” kata Shiraishi.

Toyota menghadapi persaingan yang lebih ketat dari pemain baru di bidang seperti kendaraan listrik. Dengan adanya skandal terbaru ini, mereka ditugaskan untuk segera memperbaiki tata kelola dengan menjembatani jarak antara pimpinan dan mereka yang berada di lapangan serta memastikan kepatuhan terhadap peraturan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement