Jumat 07 Jun 2024 16:41 WIB

Jeka Saragih Berjuang di UFC untuk Harumkan Nama Indonesia dan Bangun Daerah Asalnya

Jeka telah melatih ratusan anak muda di kampungnya di Kabupaten Simalungun, Sumut.

Red: Israr Itah
Petarung UFC asal Indonesia Jeka Saragih
Foto: tangkapan layar
Petarung UFC asal Indonesia Jeka Saragih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petarung Ultimate Fighting Championship (UFC) Jeka Saragih menyebut dirinya berjuang di kompetisi bergengsi seni bela diri campuran itu, semata-mata untuk mengharumkan nama Indonesia, serta ingin mendongkrak pembangunan di daerah asalnya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Baca Juga

"Yang saya perjuangkan agar daerah saya bisa terdongkrak dan lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah, seperti pembangunan infrastruktur jalan, fasilitas olahraga, dan lain-lain," kata Jeka saat menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Jumat, melalui daring Zoom, terkait pertandingannya melawan petarung UFC lainnya, Westin Wilson asal Amerika Serikat (AS).

Ia menegaskan, percuma bisa berhasil dan sukses di UFC, bila tidak bisa membawa perubahan untuk daerah kelahirannya. "Apa artinya sebuah prestasi kalau tidak bermanfaat untuk masyarakat dan orang sekitar," ujar dia.

Ia merasa miris dengan kondisi anak muda yang banyak terjerat kasus kriminal seperti jadi pelaku begal, pengguna atau pemakai narkoba, dan lainnya.

Menurut dia, hal itu terjadi karena masih kurangnya perhatian dari pemangku kepentingan (stakeholder) untuk menyiapkan tempat beraktivitas produktif bagi anak-anak muda. Alhasil, mereka melampiaskan aktivitasnya ke arah jalan yang salah.

Ia membeberkan, sangat penting untuk membangun fasilitas infrastruktur dan ekosistem olahraga. Fasilitas ini bisa menarik minat anak muda untuk menjadikan olahraga sebagai pilihan atau jalan hidup untuk berprestasi, sehingga meninggalkan kegiatan yang negatif.

"Saya sejak 2019 telah melatih dan memfasilitasi ratusan anak muda di Kabupaten Simalungun untuk bisa menjadi petarung mixed martial art (MMA) atau UFC," ujar dia.

Petarung andalan Indonesia, Jeka Saragih, kembali bertarung dalam laga keduanya di UFC Fight Night, Las Vegas, AS pada Ahad (16/6/2024). Ia menantang petarung asal Amerika Serikat, Westin Wilson.

Pada pertandingan UFC pertama, November tahun lalu, Jeka berhasil menang KO melawan Lucas Alexander. Namun, pertandingan Jeka berikutnya diprediksi sengit. Sebab, Wilson merupakan petarung kelas bulu dengan gaya bertarung Brazilian Jiu Jitsu (BJJ) yang mengandalkan ground fighting atau pertarungan di lantai.

Petarung asal AS itu, memiliki kuncian yang sangat bagus, sebagian besar kemenangannya dilakukan dengan menggunakan teknik kuncian, terutama guillotine.

Sementara Jeka akan mengandalkan stand up fighting atau pertarungan berdiri. Meski begitu, petarung Indonesia itu mengaku telah mempelajari banyak teknik kuncian dan bantingan yang juga bisa menjadi kekuatan untuk memenangi pertarungan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement