Rabu 12 Jun 2024 18:25 WIB

Sapi Kurban Jokowi Seberat 1 ton Akan Disembelih di Bone

Sapi yang disumbangkan Presiden Jokowi ini berjenis limousin.

Red: Hasanul Rizqa
Seorang peternak sapi menunjukkan sapi yang dibeli oleh Presiden Jokowi untuk kurban di Idul Adha 2024.
Foto: Dok Polres Bantul
Seorang peternak sapi menunjukkan sapi yang dibeli oleh Presiden Jokowi untuk kurban di Idul Adha 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melaksanakan kurban di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Untuk Idul Adha pada tahun ini, Kepala Negara menyumbangkan seekor sapi dengan bobot 1 ton. Hewan kurban yang akan disembelih di Tanete Riattang, Kabupaten Bone, tersebut merupakan sapi berjenis limousin.

 

Baca Juga

"Sapi kurban dari Bapak Presiden akan dipotong di daerah Bone. Pihak Sekretariat Negara sudah finalisasi dan menetapkan sapi yang akan jadi hewan kurban," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, Nurlina Saking, di Makassar, Rabu (12/6/2024).

 

Ia mengaku, tidak mengetahui secara pasti berapa harga sapi kurban Presiden Jokowi itu. Bagaimanapun, diperkirakan hewan kurban ini setara dengan nilai lebih dari Rp 80 juta.

 

Nurlina mengatakan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel telah melakukan pembekalan untuk para juru potong. Program ini menyasar seribu takmir masjid di provinsi setempat agar mereka bisa melakukan tugasnya secara halal dan baik (thoyyib).

 

Ia menambahkan, aspek kesehatan hewan juga penting diperhatikan. Sebab, tidak sedikit hewan ternak yang terlihat sehat, padahal sedang sakit.

 

Karena itu, ia memastikan, Dinas Peternakan di berbagai daerah telah turun ke masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan hewan. Konsumen akan terbantu dengan penjual yang sudah memegang surat keterangan sehat tentang hewan kurban.

 

"Semua sudah bergerak dan pastikan mendapat surat keterangan sehat untuk setiap hewan kurban di kabupaten/kota yang disiapkan untuk Idul Adha," ujarnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement