Rabu 12 Jun 2024 20:48 WIB

Dua Sisi Dampak Perkembangan Teknologi

Berbagai kemajuan teknologi telah jadi bagian kehidupan sehari-hari masyarakat.

Red: Fernan Rahadi
Prof Ema Utami dari Universitas Amikom Yogyakarta
Foto: amikom
Prof Ema Utami dari Universitas Amikom Yogyakarta

Oleh : Prof Ema Utami (Wakil Direktur Program Pascasarjana Universitas Amikom Yogyakarta)

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa hari ini media diwarnai dengan berbagai kasus yang viral diberitakan dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari kasus pembunuhan pemilik mobil rental, penanganan anjing oleh satpam, pembakaran suami oleh polwan, sampai dengan olok-olok remaja pada penderitaan Palestina.

Terjadinya berbagai kasus yang viral tersebut tidak dimungkiri terdapat peran kemajuan teknologi di dalamnya. Terlacaknya mobil yang dirental berdasarkan data lokasi melalui teknologi global positioning system (GPS) menjadi panduan kedatangan pemilik mobil dari Jakarta ke suatu daerah di Jawa Tengah yang berujung pada pengeroyokan.

Penggunaan teknologi multimedia untuk merekam kejadian penanganan anjing dan olok-olok remaja pada para korban di Palestina kemudian diunggah di media sosial yang kemudian berujung viral dan mendapat perhatian dari banyak masyarakat di Indonesia. Demikian pula dengan kasus terbunuhnya suami oleh istrinya yang seorang polwan disebut salah satunya karena terjeratnya suami dengan judi online.

Tidak dapat dimungkiri bahwa berbagai kemajuan teknologi telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari dalam masyarakat. GPS dengan berbagai aplikasi peta (map) sudah sangat akrab digunakan di masyarakat. Penggunaan frasa 'share loc' sudah menjadi hal yang umum untuk janjian ketemuan atau memberitahukan lokasi tertentu. Teknologi multimedia untuk merekam gambar dan suara yang disematkan dalam smartphone ataupun closed-circuit television (CCTV) mengalami kemajuan yang luar biasa.

Internet yang menjadi tulang punggung jaringan global dimanfaatkan oleh banyak aplikasi untuk mengunggah berbagai rekaman kejadian dan juga termasuk di dalamnya adanya aplikasi permainan serta judi. Viralnya mbah guru Matematika, Melan Ahmad melalui media sosial merupakan salah satu contoh dari bagaimana kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan untuk tujuan yang baik. Tampak jelas bahwa kemajuan teknologi terus berkembang dan dapat memberikan banyak manfaat, namun tentu saja juga bisa menjadi mudharat.

Dorongan perkembangan teknologi berbasiskan multimedia, baik gambar, video, maupun suara diyakini akan terus berkembang dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Penelitian mahasiswa jenjang Pascasarjana Universitas AMIKOM Yogyakarta, baik S2 maupun S3 cukup banyak yang memiliki fokus pada multimedia ini. Beberapa contoh seperti penggunaan objek gambar atau video untuk melakukan diagnosa pneumonia, deteksi objek ramah tuna netra, klasifikasi ekspresi emosi wajah, deteksi kesehatan mental karyawan, estimasi berat seekor sapi, sampai dengan estimasi jarak.

Beberapa penelitian dari mahasiswa tersebut di antaranya berhasil lolos untuk mendapatkan hibah penelitian dari Kemenristekdikti. Penggunaan teknologi berbasis multimedia ini masih sangat terbuka luas peluang penelitian dan penerapannya di berbagai bidang. Di bidang industri misalnya, kebutuhan pengenalan objek produk yang diintegrasikan dalam perangkat berbasis internet of things (IoT) terus meningkat.

Sebagai contoh di industri hasil pertanian, yaitu pengenalan dan pemisahan buah berdasarkan kualitas yang dideteksi dari citra buah yang melalui conveyor. Contoh lain adalah kebutuhan sistem deteksi hama yang menyerang lahan perkebunan atau pertanian. Dua basis teknologi yakni artificial intelligence (AI) dan IoT yang dikenal dengan AIoT ini dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut. Dengan demikian penelitian dan produk dari AIoT ini diperkirakan akan terus tumbuh pesat di masa yang akan datang.

Selain terus berusaha untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi, tentu dapat menjadi nilai lebih jika dapat turut serta dalam pengembangan teknologi, khususnya bagi para ilmuwan termasuk di dalamnya dosen dan mahasiswa. Dorongan khususnya kepada mahasiswa jenjang Pascasarjana untuk selalu kritis dan terus berusaha mendapatkan berbagai ide dalam pengembangan teknologi ini harus terus diupayakan dan dilakukan.

Hal ini tentu menjadi tugas bersama para pemangku kepentingan. Bahwa kemajuan teknologi dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia tentu menjadi harapan bersama. Ayat 65 dari Surat Al-Hajj berikut semoga dapat menjadi pendorong untuk selalu terus ikut serta berusaha mengembangkan teknologi. "Tidakkah engkau memperhatikan bahwa Allah menundukkan bagimu apa yang ada di bumi dan kapal yang berlayar di laut dengan perintah-Nya. Dia menahan (benda-benda) langit sehingga tidak jatuh ke bumi, kecuali dengan izin-Nya? Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Penyantun lagi Maha Penyayang kepada manusia." Wallahu a’lam.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement