Jumat 14 Jun 2024 05:22 WIB

Siap Jadi Cagub, Anies Mengaku Diminta Warga Kembalikan Jakarta Jadi Rumah Bagi Semua

Anies sebut membangun Jakarta haruslah dengan cara membesarkan rakyat kecil.

Rep: Bayu Adji P / Red: Teguh Firmansyah
Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan  berjabat tangan dengan Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas saat bersilaturahmi ke Kantor DPW PKB DKI Jakarta di Jakarta, Kamis (13/6/2024). DPW PKB DKI Jakarta secara resmi mengusung Anies Baswedan untuk maju sebagai calon gubernur dalam Pilgub DKI Jakarta.
Foto: Republika/Prayogi
Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan berjabat tangan dengan Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas saat bersilaturahmi ke Kantor DPW PKB DKI Jakarta di Jakarta, Kamis (13/6/2024). DPW PKB DKI Jakarta secara resmi mengusung Anies Baswedan untuk maju sebagai calon gubernur dalam Pilgub DKI Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anies Baswedan telah menerima pinangan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta untuk kembali maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024. Anies juga telah menyatakan kesiapannya untuk menjadi calon gubernur (cagub) DKI Jakarta.

Anies mengungkapkan, dalam beberapa waktu terakhir rumahnya sering kedatangan tamu. Tamu-tamu itu yang datang secara rombongan itu adalah para guru TK, masyarakat kampung miskin, masyarakat kampung padat penduduk, dan sebagainya.

Baca Juga

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, para warga yang datang ke rumahnya menyampaikan kondisi beberapa waktu belakangan di ibu kota. Sebab, belakangan muncul kesulitan baru yang harus dihadapi warga di Jakarta. 

"Semuanya intinya yang disampaikan 'Pak tolong sama-sama kembalikan Jakarta supaya jadi rumah bagi semua'," kata dia di Kantor DPW PKB DKI Jakarta, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2024).

Menurut dia, membangun Jakarta haruslah juga dengan cara membesarkan rakyat kecil. Upaya untuk mengangkat derajat rakyat kecil disebut tak perlu sampai melemahkan masyarakat kelas atas.

"Kalau kita ingin Jakarta maju jadi kota global, maka yang di bawah barus jadi perhatian. Insyaallah kita sama-sama perjuangkan mereka yang di bawah," ujar Anies. 

Ia berkomitmen untuk memberikan kesetaraan kesempatan bagi semua warga di Jakarta. Kesetaraan itu bukan hanya untuk masyarakat sejahtera, melainkan juga masyarakat yang datang ke Jakarta untuk mencari kesejahteraan. 

Karena itu, Anies mengaku akan fokus untuk membuat layanan pendidikan yang berkualitas untuk semua. Selain itu, ia juga ingin menciptakan lapangan kerja untuk semua, serta biaya hidup terjangkau.

"Itu semua sudah pernah dikerjakan kemarin. Kita harus teruskan," kata dia.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَتَّخِذُوْا عَدُوِّيْ وَعَدُوَّكُمْ اَوْلِيَاۤءَ تُلْقُوْنَ اِلَيْهِمْ بِالْمَوَدَّةِ وَقَدْ كَفَرُوْا بِمَا جَاۤءَكُمْ مِّنَ الْحَقِّۚ يُخْرِجُوْنَ الرَّسُوْلَ وَاِيَّاكُمْ اَنْ تُؤْمِنُوْا بِاللّٰهِ رَبِّكُمْۗ اِنْ كُنْتُمْ خَرَجْتُمْ جِهَادًا فِيْ سَبِيْلِيْ وَابْتِغَاۤءَ مَرْضَاتِيْ تُسِرُّوْنَ اِلَيْهِمْ بِالْمَوَدَّةِ وَاَنَا۠ اَعْلَمُ بِمَآ اَخْفَيْتُمْ وَمَآ اَعْلَنْتُمْۗ وَمَنْ يَّفْعَلْهُ مِنْكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاۤءَ السَّبِيْلِ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menjadikan musuh-Ku dan musuhmu sebagai teman-teman setia sehingga kamu sampaikan kepada mereka (berita-berita Muhammad), karena rasa kasih sayang; padahal mereka telah ingkar kepada kebenaran yang disampaikan kepadamu. Mereka mengusir Rasul dan kamu sendiri karena kamu beriman kepada Allah, Tuhanmu. Jika kamu benar-benar keluar untuk berjihad pada jalan-Ku dan mencari keridaan-Ku (janganlah kamu berbuat demikian). Kamu memberitahukan secara rahasia (berita-berita Muhammad) kepada mereka, karena rasa kasih sayang, dan Aku lebih mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. Dan barangsiapa di antara kamu yang melakukannya, maka sungguh, dia telah tersesat dari jalan yang lurus.

(QS. Al-Mumtahanah ayat 1)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement