Sabtu 22 Jun 2024 14:55 WIB

Sekjen PBB: Jangan Biarkan Lebanon Jadi Seperti Gaza

Terjadi peningkatan ketegangan antara Israel dan kelompok Hizbullah Lebanon.

Red: Mas Alamil Huda
Bendera Israel berkibar di samping api yang berkobar di kawasan dekat perbatasan dengan Lebanon, Israel utara di Safed, Rabu, 12 Juni 2024.
Foto: AP Photo/Leo Correa
Bendera Israel berkibar di samping api yang berkobar di kawasan dekat perbatasan dengan Lebanon, Israel utara di Safed, Rabu, 12 Juni 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, HAMILTON - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antonio Guterres menyampaikan keprihatinan atas peningkatan ketegangan antara Israel dan kelompok Hizbullah Lebanon. Dia mengatakan, dunia tidak bisa membiarkan Lebanon menjadi seperti Gaza.

"Hari ini saya merasa terdorong untuk menyampaikan keprihatinan mendalam saya terhadap eskalasi antara Israel dan Hizbullah di sepanjang Garis Biru," kata Guterres kepada wartawan di New York, Sabtu (22/6/2024).

Baca Juga

Ia merujuk pada eskalasi retorika perang dari kedua belah pihak seolah perang habis-habisan sudah di depan mata. Sembari memperingatkan agar konflik regional di Timur Tengah jangan sampai meluas, Guterres mengatakan, satu langkah gegabah, satu kesalahan perhitungan, bisa memicu bencana yang jauh melampaui batas. "Dan sejujurnya, tak terbayangkan," kata dia.

"Mari kita perjelas, rakyat di kawasan ini dan rakyat di seluruh dunia tidak bisa membiarkan Lebanon menjadi seperti Gaza," katanya menambahkan.