Senin 24 Jun 2024 14:24 WIB

Satgas Sektor 6 Citarum Harum Ubah Sampah Saset Kopi jadi Kursi dan Meja

Untuk membuat satu set meja dan kursi dibutuhkan 45 kilogram sampah saset

Rep: Muhammad Taufik/ Red: Arie Lukihardianti
Komandan Satgas Citarum Harum Sektor 6 Kolonel Inf Yanto Kusno
Foto: Dok Satgas sektor 6
Komandan Satgas Citarum Harum Sektor 6 Kolonel Inf Yanto Kusno

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Bekas saset makanan dan minuman adalah sampah yang tidak bernilai, warga kerap membuangnya ke Sungai Citarum. Namun Satgas Sektor 6 Citarum Harum mengubah sampah yang tidak bernilai tersebut menjadi bernilai dan memiliki nilai kegunaan.

Menurut Komandan Satgas Citarum Harum Sektor 6 Kolonel Inf Yanto Kusno, pihaknya mengambil sampah saset makanan dan minuman yang ada di sungai Citarum. "Jadi sampah saset yang tidak berguna, kami ubah menjadi meja, kursi, dan dudukan pot," ujar Yanto kepada Republika saat ditemui di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) di daerah Bojongsoang, Kabupaten Bandung yang merupakan wilayah Sektor 6 Citarum, Senin (24/6/24),

Baca Juga

Yanto mengatakan, ide tersebut berasal dari dirinya berdiskusi dengan para pegiat lingkungan. "Saya mempelajari agar sampah zero waste salah satunya dengan berdiskusi dengan pegiat lingkungan," kata Yanto.

photo
Kursi dan bangku dari sampah saset kopi - (Dok Satgas sektor 6)

Sementara untuk prosesnya, kata dia, dimulai dengan mengeringkan sampah saset plastik yang diangkut dari Sungai Citarum. Setelah itu, sampah dimasukkan ke dalam mesin peleleh dengan panas 250 derajat celsius hingga 300 derajat celsius. Hasilnya berupa padatan yang tercetak di dalam wadah persegi panjang sehingga menyerupai balok.